Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kalimantan Timur mengampanyekan "Sehat Mulai dari Saya" dengan gelaran sepeda santai (gowes) dan jalan santai untuk memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) 2023.
 
"Mengapa harus dimulai dari saya? Tidak dari orang lain, tidak dari Dinas Kesehatan, tidak dari pemerintah, tapi saya mulai dari sendiri. Kami hanya memfasilitasi saja," ujar Jaya Mualimin di sela-sela acara yang berlangsung di halaman GOR Kadrie Oening Sempaja, Samarinda, Sabtu.
 
Jaya mengatakan konsep kesehatan harus diubah dari kuratif menjadi promosi dan preventif. Konsep itu sesuai arahan Penjabat Gubernur Kalimantan Timur tentang promosi dan kampanye pencegahan kesehatan secara menyeluruh.
 
"Kalau pemerintah terus-terusan membangun rumah sakit, itu artinya mendoakan agar orang semua sakit. Makanya, kami harus mulai dari transformasi bidang kesehatan primer," katanya.
 
Jaya mengimbau masyarakat segera mengubah pola pikir rumah sakit dan puskesmas itu hanya sebagai tempat untuk berobat saat sakit. Rumah sakit dan puskesmas juga menjadi tempat pencegahan penyakit dan meningkatkan kualitas kesehatan diri.
 
Dengan pola pikir yang baru, lanjutnya, masyarakat dapat lebih proaktif dan peduli terhadap kesehatan diri sendiri dan lingkungan. Dia juga berharap rumah sakit dan puskesmas memberikan pelayanan yang prima dan ramah kepada masyarakat.
 
"Rumah sakit dan puskesmas harus menjadi mitra masyarakat untuk menjaga kesehatan. Kita harus saling bersinergi dan berkolaborasi demi masyarakat yang sehat dan sejahtera," ujarnya.
 
Kadinkes Kaltim Jaya Mualimin saat diwawancara di sela-sela rangkaian HKN 2023. (Antaranews Kaltim/Fandi)

Jaya menyampaikan kegiatan sepeda santai dan jalan santai itu merupakan bukti gerakan masyarakat sehat oleh Dinas Kesehatan Kalimantan Timur. 
 
Selain menggerakkan masyarakat lewat olahraga, Dinkes Kaltim juga menggelar bazar kesehatan untuk mempromosikan program-program rumah sakit, tenaga kesehatan, dan mitra-mitra terkait bidang kesehatan.
 
"Kami ingin masyarakat tahu ada program-program di luar rumah sakit yang lebih banyak. Kesehatan itu bukan hanya ke rumah sakit, tapi lebih sebagai upaya preventif," tuturnya.
 
Acara jalan sehat dan sepeda santai peringatan HKN ke-59 di Kaltim itu di-ikuti lebih dari 5.000 orang dari berbagai elemen masyarakat, seperti pejabat, pegawai, pelajar, mahasiswa, dan komunitas. Kegiatan itu juga dihadiri Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik yang membuka kegiatan.
 
Rangkaian kegiatan kampenye "Sehat mulai dari saya" itu termasuk pula senam sehat bugar, bakti sosial donor darah, pelayanan kesehatan, pelayanan umum (SIM, STNK, IKD), panggung hiburan, serta pembagian undian.
 
Hadiah undian yang disediakan panitia HKN ke-59 antara lain 10 sepeda, TV LED, kulkas, mesin cuci, kompor, microwave, kipas angin, dan lain-lain. (Adv/Dinkes Kaltim)

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023