Samarinda (ANTARA Kaltim) - Keberadaan anjungan Kaltim di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta bertujuan memperkenalkan dan mempromosikan seni dan kebudayaan asli Kalimantan Timur kepada masyarakat luas. sayangnya minimnya perhatian membuat kondisinya jauh dari kata ideal.

 Anggota Komisi IV DPRD Kaltim Yakub Ukung menyampaikan hal itu setelah kunjungan kerja Komisi IV DPRD Kaltim ke Anjungan Kaltim di TMII, Rabu (16/4) lalu. Selain dirinya hadir juga Wakil Ketua DPRD Kaltim Hadi Mulyadi, Ketua Komisi IV Ahmad Abdullah, Anggota Komisi IV Sudarno, Mudiyat Noor dan Waris Husein,.

Diakuinya, kasat mata jika dibandingkan dengan ajungan dari provinsi lainnya maka anjungan milik Kaltim perlu banyak pembenahan karena terdapat banyak kekurangan dalam hal sarana dan prasarana.

“Kepala Anjungan Kaltim di TMII Novarita mengeluhkan masih minimnya perhatian sehingga dirinya yang baru enam bulan menjabat meminta dukungan semua pihak, terutama pemerintah dan dewan dalam menjalankan dan melaksanakan sejumlah program yang baru,” tuturnya.

Menurutnya, secara struktural kucuran anggaran anjungan Kaltim itu di bawah Dinas Perhubungan. Oleh karenanya ia berharap instansi itu agar lebih peduli terkait struktur anggaran pendukung fasilitas daerah itu.

Saat ini, anjungan itu hanya didukung satu mobil operasional jenis pick-up yang sudah berumur. Mobil itulah yang digunakan untuk mengangkut barang dan penumpang yang berhubungan dengan kepentingan anjungan.

 â€œJuga dibutuhkan peningkatan sumber daya manusia dengan memberikan pelatihan dan keterampilan guna menunjang kinerja petugas di lapangan. Tidak kalah pentingnya, melakukan sejumlah kerja sama baik antar kabupaten/kota maupun kementerian terkait agar suasana di anjungan itu bisa lebih menarik dan meriah,” bebernya.

Ditambahkan DPRD akan sangat mendukung sejumlah program baik sedang berjalan maupun akan berjalan terlebih pada program peningkatan intensitas jumlah kegiatan diatas panggung sehingga tujuan dari promosi budaya Kaltim bisa maksimal. Asal, pihak terkait juga berjuang untuk mendapatkan anggaran idealnya.

“Kami di DPRD semaksimal mungkin akan mendukung dilintas pengesahan anggaran jika memnag struktur dan perencanaannya mendukung kemajuan budaya Kaltim di mata nasional,” lugasnya. (Humas DPRD Kaltim/adv/bar/dhi/met)








Pewarta:

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014