PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) kembali menggelar Pupuk Kaltim Innovation Award (PIA) ke-35 pada 2023, sebagai ajang bagi para karyawan pegiat inovasi untuk melahirkan ide di berbagai bidang.
 
"Ajang tahunan itu bertujuan memperkuat budaya inovasi sekaligus mendorong efisiensi dan efektivitas kinerja di lingkungan perusahaan," kata Ketua Panitia PIA 2023 Rully Darmawan melalui keterangan tertulis yang diterima ANTARA Kaltim di Samarinda, Rabu.

Dorongan terhadap inovasi karyawan itu, menurut Rully, berdampak pada program keberlanjutan perusahaan dengan nilai penghematan mencapai Rp77 miliar.
 
Panitia PIA pada 2023 menerima 823 makalah inovasi di lingkungan Pupuk Kaltim, atau naik sekitar 16 persen dari program tahun sebelumnya. 

"Kami melihat gagasan inovatif yang dilahirkan para peserta mampu menciptakan nilai tambah dan mendorong efisiensi di berbagai bidang. Dampaknya, nilai penghematan pun makin meningkat secara optimal," ucap Rully yang telah memberikan anugerah PIA ke-35 di Hotel Equator Bontang, Kamis (9/11).
 
Ajang penghargaan pada 2023 itu mengusung tema Growing with Innovation. Maknanya, inovasi merupakan suatu keharusan untuk terus ditingkatkan.

Peningkatan inovasi semakin memantapkan posisi Pupuk Kaltim sebagai salah satu industry leader di Indonesia, sekaligus menjaga keberlanjutan perusahaan. 
 
"Inovasi merupakan salah satu faktor utama menjaga keberlanjutan, sehingga industri dapat terus tumbuh dan bertahan menghadapi berbagai tantangan," katanya.
 
PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) kembali menggelar Pupuk Kaltim Innovation Award (PIA) ke-35 tahun 2023, (Antaranews Kaltim/HO/PKT)
 
Kegiatan itu juga diisi Innovation Talk yang mendatangkan pakar untuk berbagi pengetahuan bersama karyawan, selain beragam eksibisi yang menampilkan kreativitas inovasi di lingkungan Pupuk Kaltim dan anak perusahaan.
 
Rully mengatakan berbagai kegiatan itu akan menumbuhkan semangat inovasi oleh para inovator di lingkungan Pupuk Kaltim.
 
Direktur Utama Pupuk Kaltim Budi Wahju Soesilo mengatakan inovasi saat ini telah menjadi kebutuhan dan keharusan bagi setiap elemen perusahaan, guna menghadapi kondisi global di tengah era berbagai ketidakpastian (VUCA) dan penuh disrupsi.
 
"Melalui inovasi, kami dapat mendorong performa dan efisiensi sekaligus perbaikan untuk optimalisasi profit dan kinerja di tengah tantangan industri yang terus bergerak dinamis," ujar Soesilo.
 
Setiap tahun, Inovasi di lingkungan Pupuk Kaltim, lanjut Soesilo, terus menunjukkan peningkatan signifikan dengan berbagai pengembangan yang dilakukan. Baik inovasi yang merujuk pada lesson learn atas suatu kondisi yang terjadi, maupun sengaja digagas untuk mendukung kinerja perusahaan.
 
"PIA 2023 membuktikan semangat inovasi terus berkembang dari tahun ke tahun. Terdapat lebih dari 800 gugus yang berpartisipasi. Kami mengharapkan tahun depan bisa lebih meningkat lagi," katanya.
 
PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) kembali menggelar Pupuk Kaltim Innovation Award (PIA) ke-35 tahun 2023 (Antaranews Kaltim/HO/PKT)
 
Soesilo meyakini setiap insan Pupuk Kaltim mampu menghasilkan karya inovatif untuk mendorong perbaikan, sehingga efisiensi lebih meningkat melalui ide kreatif.
 
Jajaran Direksi Pupuk Kaltim, lanjutnya, terus mendorong insan perusahaan agar menjaga serta meningkatkan semangat inovasi.
 
Segala gagasan inovatif yang lahir menjadi bukti kepedulian insan Pupuk Kaltim terhadap budaya mutu yang mendukung kinerja perusahaan, dan mampu menjawab berbagai tantangan. 
 
"Bahkan dari inovasi, Pupuk Kaltim bukan hanya mampu berprestasi di kancah nasional, melainkan juga level internasional," kata Soesilo.

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023