Balikpapan (ANTARA Kaltim) -  Wakil Gubernur Kalimantan Timur (Wagub Kaltim), HM. Mukmin Faisyal memantau pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMA sederajat di Balikpapan, Senin.

Saat peninjauan didampingi oleh Ketua Tim Ujian Nasional Provinsi Kaltim dan Kaltara Dayang Budiati, Asisten Administrasi Umum Setdakot Balikpapan Muhammad Nur, dan Kepala Dinas Pendidikan Kota Balikpapan Heri Misnoto.

Mukmin beserta rombongan meninjau beberapa lokasi pelaksanaan UN di antaranya SMA Negeri 5 dengan peserta UN sebanyak 328 siswa, SMK 4 jumlah peserta UN sebanyak 261 siswa dengan digabungnya SMA Mulawarman sebanyak 19 siswa, SMK 3 sebanyak 663 siswa ditambah SMA Al Aqso sebanyak 51 orang dan pelaksanaan UN di SMA 1 diikuti 553 siswa.

Sebanyak 3.635 peserta UN dari SMA dan 4.045 peserta dari SMK di 54 sekolah, pada hari pertama mata pelajaran UN untuk jurusan IPA, mata pelajaran yang diujikan adalah Bahasa Indonesia dan Biologi. Sedangkan IPS mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Geografi.

"Pelaksanaan UN hari ini berjalan lancar dan tidak ada keluhan, demikian pula di daerah Kalimantan Utara (Kaltara) dilaporkan lancar," kata Mukmin.

Selanjutnya Mukmin juga meninjau Kantor Pos Balikpapan terkait distribusi soal untuk UN SMP dan melihat langsung tempat penyimpanannya.

Sementara itu, Assisten Bidang Pengawasan Ombudsman Perwakilan Kaltim, Masdari saat di terkait UN di SMA 1 Balikpapan menemukan adanya siswa yang izin ke kamar kecil tanpa diawasi pengawas serta siswa yang baru mengambil penghapusnya saat UN berlangsung.

"Seharusnya murid yang izin ke kamar kecil diawasin dan sebelum berlangsungnya UN peralatan tulis siswa sudah siap, saya juga menemukan lebar jawaban kerja UN yang rusak dan saya minta laporan tertulisnya," kata Masdari.(*)

Pewarta: Susylo Asmalyah

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014