Wakil Ketua DPRD Kalimantan Timur Muhammad Samsun mengatakan Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) memiliki potensi besar untuk menjadi pemasok hasil bumi atau hasil pertanian terdepan di Provinsi Kaltim.
 
"Beberapa waktu lalu saya mengajak awak media untuk melihat produk unggulan yang dikembangkan petani di Kabupaten Kukar, tepatnya di Kecamatan Samboja. Dari salak, alpukat hingga jambu kristal ada di sana, belum lagi langsat, dan produk holtikultura lainnya," kata Samsun di Samarinda, Kamis.
 
Legislator daerah pemilihan Kukar itu menyatakan para petani di Kukar sudah siap dan mampu bersaing dalam memproduksi produk pertanian berkualitas yang dapat memenuhi kebutuhan pasar lokal maupun nasional.
 
"Kami juga terus berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan petani dengan memberikan bantuan berupa bibit, pupuk, alat pertanian, dan fasilitas irigasi. Selain itu, kami juga menggandeng pihak swasta dan perguruan tinggi untuk memberikan bimbingan dan pelatihan kepada petani," ujar Samsun yang juga politisi PDI-P.
 
Samsun berharap dengan adanya dukungan dari pemerintah pusat, provinsi, dan kabupaten, serta kerjasama dengan berbagai pihak, Kukar dapat menjadi lumbung pangan dan penghasil bumi terbaik di Kaltim.
 
"Kami ingin hasil pertanian di Kabupaten Kukar dan juga Provinsi Kaltim berkualitas, dengan dukungan infrastruktur irigasi yang memadai, alat mesin pertanian, intensif pupuk, bibit unggul, hingga peningkatan kapasitas petani," sebutnya.
 
Ia menambahkan, DPRD Kaltim akan terus mengawal dan mendukung program-program pembangunan pertanian di Kaltim, baik melalui fungsi legislasi, anggaran, maupun pengawasan. Ia juga mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk bersama-sama memajukan sektor pertanian di daerah ini.
 
"Kami berkomitmen untuk terus mendorong peningkatan kualitas pertanian di Kaltim, karena ini merupakan salah satu prioritas pembangunan daerah yang harus kita perhatikan bersama," tutup Samsun. (Adv/DPRD Kaltim)
 

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023