Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Sigit Wibowo menggelar reses  menyerap aspirasi Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Kelompok Bermain se-Kecamatan Balikpapan Tengah untuk mendengarkan usulan  atau aspirasi  terkait pembangunan di bidang PAUD.
 
"Kami akan sampaikan masukan dan usulan ini ke Pemerintah Provinsi Kaltim agar ditindaklanjuti sesuai dengan kewenangan dan anggaran yang ada," ujar Sigit Wibowo di Balikpapan, Rabu.
 
Sigit mengatakan kegiatan menyerap aspirasi masyarakat merupakan salah satu tugas dan fungsi DPRD Kaltim sebagai wakil rakyat. Ia berjanji akan memperjuangkan usulan-usulan tersebut melalui pokok-pokok pikiran DPRD Kaltim.
 
Dia mengemukakan, salah satu usulan yang disampaikan oleh Bunda PAUD adalah terkait pemberian insentif untuk guru PAUD. Mereka berharap agar DPRD Kaltim dapat mengadvokasi agar Pemprov Kaltim memberikan insentif yang layak bagi guru PAUD.
 
"Insentif ini sangat penting untuk meningkatkan kesejahteraan dan motivasi guru PAUD yang memiliki peran strategis dalam membentuk karakter anak-anak sejak dini," katanya.
 
Selain itu, kata Sigit, Bunda Kelompok Bermain juga mengusulkan agar Pemerintah Provinsi Kaltim memberikan beasiswa kepada guru yang belum memiliki gelar Strata Satu (S1). Beasiswa tersebut diharapkan dapat membantu mereka untuk melanjutkan pendidikan formal dan meningkatkan kompetensi mereka sebagai pendidik anak usia dini.
 
"Mereka juga menginginkan adanya bantuan keuangan langsung berupa hibah ke lembaga dan yayasan yang mengelola PAUD dan Kelompok Bermain. Bantuan ini dapat digunakan untuk membiayai operasional dan pengembangan lembaga kami," imbuh Sigit.
 
Terkait sarana prasarana PAUD Terpadu, para Bunda PAUD juga menyampaikan harapan mereka agar Pemerintah Provinsi Kaltim dapat memberikan bantuan untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas sarana prasarana tersebut.
 
Lanjut Sigit bagi PAUD, sarana prasarana yang memadai sangat berpengaruh terhadap proses belajar mengajar anak-anak.
 
Sigit Wibowo mengapresiasi aspirasi-aspirasi yang disampaikan oleh Bunda PAUD dan Kelompok Bermain. Ia mengatakan bahwa aspirasi-aspirasi tersebut sangat relevan dengan visi dan misi Pemerintah Provinsi Kaltim dalam meningkatkan kualitas pendidikan di daerah ini.
 
"Kami akan berupaya maksimal untuk mewujudkan aspirasi-aspirasi ini. Kami juga mengajak Bunda PAUD dan Kelompok Bermain untuk terus berkoordinasi dengan kami dan memberikan masukan-masukan yang konstruktif demi kemajuan pendidikan di Kaltim," katanya. (Adv/DPRD Kaltim)

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023