PT Kideco Jaya Agung (Kideco) merupakan sebuah perusahaan pertambangan batubara anak perusahaan dari PT Indika Energy Tbk yang didirikan pada tahun 1982 yang memiliki Izin Usaha Pertambangan Khusus sebagai kelanjutan Operasi Kontrak/Perjanjian (IUPK) yang berkegiatan di Kabupaten Paser, Provinsi Kalimantan Timur memperingati hari jadinya ke - 41 tahun.

"Saat ini PT Kideco Jaya Agung memperingati hari jadinya ke - 41 tahun dengan tema “Bersama Membangun Masa Depan”. Tema ini menggambarkan Kideco terus memberikan nilai tambah bersama dengan seluruh pemangku kepentingan membangun Kideco dan Indonesia menuju masa depan yang lebih baik secara harmonis guna menciptakan keberlanjutan di masa depan. Tema ini juga sejalan dengan visi Kideco menjadi “the most reliable and eco-friendly Indonesian energy provider for sustainable future,” kata  Direktur Utama PT Kideco Jaya Agung, M. Kurnia Ariawan, di Paser, Jumat.

Ia mengatakan, sebagai wujud dari rasa syukur Kideco pada peringatan ulang tahun ke -41 ini mengadakan berbagai kegiatan "Kideco Peduli Sosial Untuk Masyarakat Lingkar Tambang",  Yakni Kideco Peduli Pondok Pesantren & Panti Asuhan yang diselenggarakan di beberapa wilayah yang tersebar di Kabupaten Paser. 

Kemudian Kideco Peduli Warga Prasejahtera dan Lansia yaitu pemberian bantuan sembako dan pengobatan gratis kepada para warga lansia dan prasejahtera di 5 Desa yaitu Desa Muser,Desa Biu, Desa Samurangau, Desa Legai dan Desa Batu Butok. 

Baca juga: Kideco dikukuhkan jadi bapak asuh anak stunting
 
Peringati ulang tahun ke-41, Kideco gelar pemeriksaan kesehatan untuk lansia masyarakat Desa Batu Botuk, Kabupaten Paser, Kaltim. (Antaranews Kaltim/HO-Kideco)


Selanjutnya Kideco Peduli Disabilitas dengan mengadakan seminar parenting kepada para orang tua untuk anak-anak berkebutuhan khusus (ABK) serta pemberian bantuan berupa perlengkapan permainan edukasi dan tas sekolah di Yayasan Rahmatillah Tanah Grogot. 

Pada momentum ini juga, Kideco mengadakan lomba cerdas cermat “Kideco Edu Champion” yang diikuti oleh 123 siswa siswa dari 41 sekolah tingkat SMP-SMA se-Kabupaten Paser. Lomba cerdas cermat ini bertujuan untuk memotivasi siswa-siswi dalam meningkatkan dan mengembangkan kompetensi serta membantu menemukan minat dan bakat mereka. 

Kurnia menuturkan selama 4 dekade Kideco berkomitmen untuk terus berupaya memastikan kinerja dan kelangsungan perusahaan berjalan dengan baik serta konsisten memberikan dampak positif terhadap kesejahteraan masyarakat serta menjamin kelestarian lingkungan. Hal ini terbukti dengan berbagai capaian yang telah Kideco lakukan. 

Adapun capaian yang diraih Kideco  yakni penerapan konsep dan program Environmental, Social & Governance (ESG) dalam bisnis proses operasionalnya, berkontribusi terhadap kemajuan ekonomi, pendidikan, kesehatan serta infrastuktur di wilayah Kabupaten Paser di bawah program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM). Kemudian kesetaraan gender dalam hal tenaga kerja dan meningkatkan peran perempuan7 di tengah tantangan dunia tambang yang didominasi oleh Pria

Baca juga: PT Kideco Jaya Agung raih penghargaan Kaltim Investment Award 2023
 
Pelaksanaan Kideco Edu Champion Siswa SMP se-Kabupaten Paser. (Antaranews Kaltim/HO-Kideco)


Selanjutnya Kideco berhasil mendapatkan 2 kali Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (Proper) Emas nasional berturut-turut pada tahun 2019 dan 2020 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), peringkat Aditama untuk bidang lingkungan hidup pada ajang Good Mining Practice Award 2022 dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), serta penghargaan Proper Emas dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur. 

Kurnia menjelaskan PT Kideco, sebagai bagian dari anak perusahaan PT Indika Energy Tbk, Kideco berkomitmen penuh mendukung program pencapaian net zero emission 2050 dan mendukung upaya Pemerintah Indonesia dalam upaya untuk menurunkan gas emisi rumah kaca di tahun 2030. 

Dikemukakannya segala pencapaian dan prestasi Kideco tentu tak akan terwujud tanpa kinerja terbaik para karyawan yang telah mencerminkan semangat sinergitas di setiap lapisan dalam menjalankan perannya untuk memberikan energi kepada bangsa, serta loyal dan kompeten untuk berkontribusi dalam pencapaian perusahaan.
 
“Selamat ulang tahun ke-41 PT Kideco Jaya Agung, Bersama Membangun Masa Depan,” ucap Kurnia.

Baca juga: KIDECO kembali raih PROPER Emas provinsi
 
Peringati ulang tahun ke-41, Kideco gelar program bantuan sosial Kideco Peduli Warga Pra-sejahtera di Kabupaten Paser, Kalimantan Timur. (Antaranews Kaltim/HO-Kideco)

Pewarta: R. Wartono

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023