PT. Kideco Jaya Agung ditetapkan sebagai Bapak Asuh Anak Stunting (BAAS) dalam upaya pencegahan dan penurunan kasus masalah gizi kronis (stunting) di Kabupaten Paser.

Penetapan PT. Kideco, beserta perusahaan sub-kontraktor Kideco, sebagai BAAS dilakukan pada rapat pengukuhan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Paser di kantor Bupati pada Kamis (13/7).

First Manager CSR  PT. Kideco Jaya Agung Suryanto turut menghadiri pengukuhan BAAS yang digelar Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Paser.

Baca juga: Sambut Idul Adha 1444 H, Kideco bagikan ratusan sapi kurban kepada masyarakat lingkar tambang

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Paser Amir Faisol mengatakan industri memiliki peran penting dalam aksi pencegahan dan penurunan kasus stunting.

"Dasar hukumnya, Peraturan Pemerintah Nomor 72 tahun 2021 tentang program pencegahan dan penurunan stunting yang melibatkan seluruh stakeholder termasuk dunia usaha," kata Amir.

Amir mengatakan keterlibatan Kideco dalam pencegahan dan penurunan stunting merujuk Surat Edaran Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Nomor 5.E/MB.01/MEM.B/2023 tentang peran serta badan usaha tambang dan mineral batu bara dalam rangka percepatan penurunan stunting.

Baca juga: KIDECO kembali raih PROPER Emas provinsi

"Surat edaran itu sebagai salah satu program pengembangan dan pemberdayaan masyarakat badan usaha, dalam hal ini pencegahan dan penurunan stunting," ucap Amir.

Meskipun Kideco diangkat menjadi Bapak Asuh Pencegahan Stunting pada 2023, Amir mengatakan perusahaan itu sudah menjalankan program sosial sejak 2021.

Kegiatan yang dilakukan Kideco antara lain pendampingan kepada ibu hamil risiko tinggi, penyuluhan pelatihan kader posyandu, dan kegiatan sosialisasi serta edukasi kepada masyarakat. Semua kegiatan itu bersifat pencegahan atau edukasi dibanding kegiatan medis yang melibatkan tenaga kesehatan.

Baca juga: Kideco Kembali Raih Penghargaan TOP CSR AWARD 2023

Pewarta: R. Wartono

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023