Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas II A Samarinda memamerkan hasil karya narapidana pada Legal Expo Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Kalimantan Timur, sebagai rangkaian HUT ke-78 Kemenkumham RI.
 
"Bukan hanya ajang promosi layanan, Legal Expo juga menjadi sarana Warga Binaan Narkotika Samarinda untuk memamerkan hasil karya mereka" ujar Kalapas Narkotika Samarinda Hidayat di Samarinda, Minggu.
 
Hidayat menuturkan keikutsertaan warga binaan pemasyarakatan dalam pameran itu akan mengantarkan pada dampak positif selama menjalani masa hukuman.
 
"Pameran itu juga menjadi ajang bagi kami untuk memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat tentang arti penting pemahaman hukum dan hak-hak yang dimiliki oleh setiap warga negara," katanya.
 
Sementara, Kakanwil Kemenkumham Kaltim Sofyan menyambut kegiatan Legal Expo sebagai ajang pengenalan Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Timur kepada masyarakat luas.

Baca juga: Lapas Narkotika Samarinda geledah acak blok hunian
 
"Pameran itu dapat meningkatkan kepercayaan dan pemahaman masyarakat terhadap institusi," kata Sofyan.
 
Masyarakat juga dapat lebih paham mengenai tata cara pengurusan administrasi hukum serta layanan lain yang berlaku di wilayah setempat lewat Legal Expo itu.
 
Dalam pameran yang berlangsung di Stadion Sempaja Samarinda itu, berbagai layanan di Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Timur yang dipamerkan mencakup layanan Pemasyarakatan, Imigrasi, Administrasi Hukum Umum (AHU), serta Kekayaan Intelektual.
 
"Setelah masyarakat mendapatkan informasi tentang layanan-layanan yang disediakan, kami berharap partisipasi dan kepercayaan masyarakat terhadap Kemenkumham Kalimantan Timur semakin meningkat," ujar Sofyan.

Baca juga: Lapas Narkotika Samarinda tutup layanan kunjungan Idul Adha

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023