Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur mencanangkan pelaksanaan vaksin human papillomavirus (HPV) secara serentak kepada anak di seluruh kabupaten dan kota di wilayah Kaltim, pada Minggu kedua bulan Agustus 2023.

" Sesuai jadwal pencanangan vaksin HPV serentak di Kaltim dijadwalkan pada 8 Agustus 2023," kata Pengelola Program Imunisasi Dinkes Kaltim, Heny Afriani di Samarinda, Kamis.

Ia mengatakan, vaksinasi human papillomavirus (HPV) sangat efektif untuk mencegah penyakit yang disebebkan oleh infeksi virus seperti kanker serviks.

Untuk mencegah kenker serviks, vaksin HPV penting diberikan anak usia kelas 5 sekolah dasar. pemberian vaksin ini sangat penting untuk mencegah kanker serviks dikemudian hari.

Vaksinasi ini baik diberikan untuk anak-anak sekolah dasar yang belum aktif melakukan aktivitas seksual. Selain itu, anak memiliki sistem imunitas yang lebih baik dibandingkan orang dewasa.

"Vaksin HVN disasar pada anak-anak, khususnya siswi SD kelas V dan usia sekitar 11 tahun," ungkap Heny Afriani.

Menurutnya, pelaksanaan vaksin HPV dosis pertama sendiri akan dilakukan di sekolah, sementara dosis kedua jaraknya enam sampai dua belas bulan.

Dia menjelaskan, siswi kelas V mendapatkan vaksin HPV tersebut secara gratis dari pemerintah.

Vaksin HPV diutamakan untuk perempuan apalagi diberikan pada dosis pertama yang sasaran pertamanya diberikan pada anak sekolah dasar.

Sementara bagi anak-anak yang tidak bersekolah tetap diberikan vaksin Human Papilloma Virus (HPV), karena vaksin ini bisa mencegah terjadinya kanker serviks.

"Pemerintah bertugas untuk memastikan semua anak perempuan mendapatkan vaksin HPV,"ungkapnya.

Ia memastikan bahwa vaksin HPV yang disediakan pemerintah memiliki kualitas keamanan dengan mutu yang terjag

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023