Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Timur (KPw BI Kaltim) Budi Widihartanto mengatakan berbagai strategi, yang dilakukan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID), mampu meredam inflasi di Kaltim lebih dalam.

Menurut dia, sejumlah kondisi pada Juli 2023 bisa memicu inflasi seperti libur sekolah yang berdampak pada naiknya biaya transportasi, tahun ajaran baru dengan kebutuhan seragam, sepatu, buku, dan lainnya, serta syukuran pulang haji.

"Menghadapi tantangan ini semua, TPID bersama pihak terkait telah melakukan berbagai upaya untuk meredam laju inflasi lebih jauh. Berkat kinerja TPID yang didukung BI dan berbagai pihak, maka inflasi pada Juli dapat diredam di angka 0,43 persen (mtm)," ujar Budi di Samarinda, Kaltim, Rabu.

Ia melanjutkan dalam menjaga stabilitas inflasi Kaltim, TPID di seluruh Kaltim terus berupaya melakukan berbagai pengendalian inflasi melalui Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP).

Sebagai upaya menjaga keterjangkauan harga, telah dilakukan Gelar Pangan Murah Produk Peternakan oleh TPID Kota Samarinda pada 17-23 Juli 2023 serta Festival Pangan Lokal dan Gerakan Pangan Murah oleh TPID Kota Bontang pada 18 Juli 2023.

Selain itu, TPID Kota Samarinda, TPID Kabupaten Kutai Kartanegara dan TPID Bontang secara aktif melaksanakan pemantauan dan evaluasi persediaan gas elpiji 3 kg di tingkat agen, sehingga menahan laju inflasi bahan bakar rumah tangga.

Lebih lanjut, dalam menjaga ketersediaan pasokan, TPID Kutai Kartanegara juga melaksanakan Gerakan Tanam 1.000 hektare dan serah terima bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan) pada 3 Juli 2023.

Sedangkan, dalam kerangka komunikasi efektif, TPID Kota Samarinda melaksanakan pembinaan dan sosialisasi diversifikasi pangan, zero food waste (pengolahan makanan tanpa meninggalkan limbah), pangan bergizi seimbang, dan aman (B2SA) kepada PKK di 10 kecamatan di Samarinda melalui Festival Pangan Lokal pada 25 Juli 2023.

Sedangkan, untuk penguatan koordinasi dengan pusat, TPID Kaltim dan kabupaten/kota secara rutin melakukan rapat koordinasi nasional pengendalian inflasi, yakni secara mingguan guna menjalankan arahan dari TPIP kepada TPID.

Ke depan, katanya, TPID Kaltim terus bersinergi dalam menjalankan program pengendalian inflasi melalui strategi 4K, yakni keterjangkauan harga, ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi, dan komunikasi yang efektif) agar inflasi dapat terjaga.
 

Pewarta: M Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023