Sejumlah atlet panahan yang tergabung dalam Club X Archery Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, lolos untuk mengikuti seleksi kejuaraan nasional (kejurnas) junior dan persiapan menghadapi Pekan Olahraga Nasional/PON (Pra PON).
 
"Sejumlah atlet lolos seleksi kejurnas junior dan Pra-PON berhasil meraih medali dalam kejuaraan panahan," jelas Ketua Club X Archery Kabupaten Penajam Paser Utara Khaidir Ukkas di Penajam, Selasa.
 
Kejuaraan panahan yang diikuti yakni Piala Gubernur Kalimantan Timur dan Piala Bepeka Archery Indonesia yang digelar pada 3-9 Juli 2023 di lapangan Hockey Kadrie Oening Sempaja, Kota Samarinda.
 
Pada kejuaraan panahan tersebut atlet panahan Kabupaten Penajam Paser Utara di antaranya Arya Nurzahia Emar meraih dua medali emas dan satu perunggu, kemudian Raysha Ainun Mahya mendapatkan empat medali perak dan satu perunggu.
 
"Kedua atlet panahan itu lolos mengikuti seleksi kejurnas junior," ujarnya.
 
Atlet panahan Kabupaten Penajam Paser Utara lainnya, Muhammad Faeyza Akbar, Althaf dan Muhammad Ayyub Azmi yang masing-masing meriah satu medali perunggu lolos untuk mengikuti seleksi Pra-PON tahap satu.
 
Pada kejuaraan panahan yang diikuti seluruh kabupaten/kota di Kalimantan Timur itu Club X Archery hanya menurunkan 13 pemanah, jelas dia, tetapi mampu meraih prestasi yang membanggakan.
 
"Ini prestasi yang cukup istimewa karena tim kami masih terbilang baru di ajang panahan Kalimantan Timur," tambah Khaidir Ukkas.
 
Setelah mengikuti Kalimantan Timur dan Piala Bepeka Archery Indonesia, Club X Archery Kabupaten Penajam Paser Utara berkonsentrasi pada penyelenggaraan kejurnas junior yang bakal digelar di lapangan Jakarta Japanese Club' Gold Sentul Bogor pada Juli 2023.
 
Mempertajam teknik dan meningkatkan mental tanding para atlet panahan terus dilakukan, kata pelatih yang juga Sekretaris Club X Archery Kabupaten Penajam Paser Utara Anwar, untuk menghadapi seleksi kejurnas junior dan Pra-PON.
 
Kejuaraan panahan Piala Gubernur Kalimantan Timur dan Piala Bepeka Archery Indonesia yang digelar pada 3-9 Juli 2023 juga dijadikan bahan evaluasi untuk lebih meningkatkan latihan teknik maupun fisik, demikian jelasnya.

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023