Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II A Samarinda menggelar penyaluran daging hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah, dengan penyembelihan 19 hewan kurban.

"Rutan Samarinda pada tahun ini menggelar penyembelihan 19 hewan kurban yaitu delapan kambing dan 11 sapi," kata Kepala Rutan Samarinda Jul Herry Siburian di Samarinda, Kamis.

Selain menyalurkan daging kurban, Rutan Samarinda juga menghidangkan masakan rendang kepada warga binaan pemasyarakatan.
 
Jul Herry mengatakan penyembelihan hewan kurban merupakan wujud keimanan dan ketakwaan umat atas perintah bagi mereka yang mampu sesuai ajaran agama Islam.
 
Seluruh jajaran Rutan Samarinda, menurut Jul Herry, melaksanakan penyembelihan hewan kurban usai melaksanakan shalat Idul Adha yang dilaksanakan di halaman Rutan Samarinda pada Kamis pagi.

Baca juga: Polresta Samarinda salurkan 34 hewan kurban untuk warga kurang mampu
 
"Sebanyak 19 hewan kurban itu merupakan sumbangan dari Walikota Samarinda, Kejari Samarinda, PT AVA, BSI, serta sumbangan dari beberapa Keluarga warga binaan," kata Jul Herry.
 
Daging hewan kurban yang disembelih di Rutan Samarinda, lantas disalurkan kepada Kanwil Kemenkumham Kalimantan Timur, Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA), Lembaga Pemasyarakatan Perempuan (LPP), rumah penyimpanan benda sitaan negara, balai pemasyarakatan, panti asuhan, serta masyarakat sekitar di Rutan Samarinda.
 
"Kami menyiapkan hidangan khusus bagi warga binaan, berupa rendang sapi agar mereka merasakan suasana lebaran, " katanya.
 
Jul Herry mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja sama dan membantu penyelenggaraan kurban Idul Adha di Rutan Samarinda pada 1444 Hijriah.
 
"Semoga pengorbanan kita semua diterima oleh Tuhan Yang Maha Kuasa dan digantikan dengan ganjaran yang setimpal," ujarnya.

Baca juga: Polresta Samarinda optimalkan Polisi RW jaga keamanan Idul Adha

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023