Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu), Kalimantan Timur, mengimbau masyarakat tetap tenang dan tidak mudah terpengaruh jika ada isu tertentu, atas terjadinya gempa bumi dengan magnitudo M4,6  di Kecamatan Long Hubung, Mahulu.

"Jika ada isu lain terkait gempa ini, saya minta warga tidak mudah terpengaruh, jangan mudah percaya dengan kabar hoaks," ujar Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kabupaten Mahulu Agus Darmawan dihubungi dari Samarinda, Selasa.

Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa bumi di Mahulu ini terjadi pada Selasa ini pukul 12.43.32 WIB atau pukul 13.43.32 Wita.

Hasil pendataan yang dilakukan oleh pihaknya hingga petang hari ini, kata dia, tidak menemukan adanya warga yang terdampak ataupun kerusakan bangunan atas peristiwa tersebut, namun pihaknya telah mengimbau warga agar melaporkan kepada BPBD Mahulu jika kemudian ditemukan adanya warga yang terdampak ataupun hal lainnya.

"Pendataan yang kami lakukan, baik di Kecamatan Long Hubung maupun di Ibu Kota Mahulu yakni Ujoh Bilang, tidak menemukan adanya dampak karena yang dirasakan hanya getaran ringan. Kami juga imbau masyarakat tidak mudah percaya dengan isu susulan gempa, kecuali dari BMKG,” katanya.

Ia juga menjelaskan bahwa pihaknya pun tetap mengacu dari BMKG mengenai berbagai hal terkait alam, seperti gempa bumi, hujan petir, hujan lebat dan lainnya, sehingga jika ada kabar yang tidak jelas mengenai fenomena alam, hal itu harus diabaikan.

Secara terpisah, Kepala BMKG Stasiun Sepinggan Balikpapan Kukuh Rubidiyanto juga mengimbau masyarakat di Kabupaten Mahulu, Kota Samarinda, dan sekitarnya agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi seperti Instagram/Twitter @infoBMKG, website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id," katanya.

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi di Mahulu memiliki parameter M4,6. Episentrum gempa bumi terletak pada koordinat 0.63 LU dan 114.99 BT, tepatnya berlokasi 47 km Tenggara Mahulu, Kalimantan Timur, pada kedalaman 10 kilometer.

"Memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, maka gempa bumi ini dipicu oleh aktivitas sesar aktif dengan mekanisme geser (strike-slip)," kata Kukuh.
 

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023