Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, melakukan percepatan rekam data kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) pemilih pemula menjelang Pemilu 2024.
 
"Setidaknya 4.000 orang pemilih pemula dari kalangan pelajar yang menjadi sasaran rekam data KTP elektronik," kata Pelaksana tugas Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Penajam Paser Utara, Mawar di Penajam, Minggu.
 
Percepatan rekam data terhadap pemilih pemula dari kalangan pelajar dilakukan, lanjut dia, karena sekitar 3.500 orang belum melakukan tekan data KTP elektronik.
 
Dinas Dukcapil Kabupaten Penajam Paser Utara hanya melakukan rekam data KTP elektronik terhadap pelajar berusia 16 tahun, dan pada saat pelajar bersangkutan berusia 17 tahun baru dilakukan pencetakan KTP elektronik.
 
Dinas Dukcapil menargetkan rekam data KTP elektronik bagi pelajar itu rampung pada akhir 2023 atau awal 2024, atau sebelum Pemilu rekam data KTP elektronik bagi pelajar tersebut selesai semua.
 
Percepatan rekam data KTP elektronik terhadap pelajar, jelas dia, dilakukan dengan mendatangi langsung sekolah tingkat SMA atau SMK sederajat.
 
Pelajar yang menjadi sasaran percepatan rekam data elektronik yang memasuki usia 17 tahun atau yang berusia 17 tahun tepat pada waktu pelaksanaan Pemilu 2024.
 
"Petugas datang langsung ke setiap sekolah untuk melakukan rakam data KTP elektronik pemilih pemula dari kalangan pelajar itu," kata Mawar.
 
Pelajar tersebut merupakan pemilih pemula yang bakal memberikan hak pilih dalam pencoblosan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, serta pemilihan legislatif yang bakal diselenggarakan pada 2024.

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023