Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Kalimantan Timur menggelar lomba menulis artikel tingkat mahasiswa se-Kaltim menyambut pelaksanaan Pemilu 2024.

Komisioner Bawaslu Kaltim Galeh Akbar Tandjung di Samarinda, Kamis (11/5), mengatakan pemilu sebagai instrumen untuk menjalankan konsep demokrasi sepatutnya menjadi ruang bagi seluruh aspek lapisan masyarakat, khususnya para mahasiswa.

"Lomba menulis artikel pemilu kali ini mengambil tema 'Bawaslu Menjaga Kedaulatan, Menegakkan Demokrasi',"ujar dia.

Ia menjelaskan pada lomba ini para calon peserta bebas memilih lima tema yang telah ditentukan oleh Bawaslu.

Sebanyak lima tema tersebut di antaranya tema peran masyarakat dalam pengawasan partisipasi, tema pemilu bersih tanpa isu sara hoaks dan ujaran kebencian, tema melawan politik uang untuk pemilu yang berintegritas, tema masyarakat dalam supremasi hukum pemilu dan tema netralitas ASN dalam pemilu.

"Pendaftaran telah kami buka sejak 11 Mei hingga 30 Mei 2023. Untuk formulir dan ketentuan lomba bisa diunduh di alamat https://rb.gy/qrxzf," kata dia,

Galeh menjelaskan tujuan kegiatan membumikan demokrasi dan memperluas pendidikan politik bagi masyarakat.

Mahasiswa dipilih dalam lomba itu, katanya, karena mereka dianggap mampu memberikan pandangan kritis terkait dengan penyelenggaraan pemilu.

"Kegiatan ini merupakan upaya untuk mencerdaskan pengetahuan pemilu, sehingga masyarakat bisa sama-sama mengawasi jalannya pemilu di Kalimantan Timur," kata dia.

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023