Samarinda (ANTARA Kaltim) - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi dipastikan hadir untuk melantik Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) terpilih yang pelantikannya digelar di Stadion Utama Palaran pada 17 Desember 2013.

"Saya sudah menghubungi Bapak Gamawan Fauzi guna memastikan kesediannya dan beliau menyatakan bisa hadir untuk melantik Awang Faroek Ishak dan Mukmin Faisyal sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim periode 2013-2018," kata Ketua Panitia Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Fachrudin Japrie di Samarinda, Selasa.

Fachrudin yang juga Sekretaris DPRD Kaltim mengatakan, kehadiran Mendgari juga akan disertai oleh istrinya, yakni Hj Vita Nova Gamawan Fauzi yang sekaligus akan melantik Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Kaltim.

Dalam kepengurusan TP PKK, Hj Nova adalah Ketua PKK tingkat pusat sehingga dia yang melantik pengurus PKK di tingkat provinsi.

Ia mengatakan, total tamu dan undangan yang bakal memadati Stadion Utama Palaran Samarinda sekitar 5.000 orang. Semua undangan yang dibuat sudah terdistribusikan.

Dia mengatakan, pelantikan gubernur dan wakil gubernur kali ini lebih istimewa ketimbang pelantikan sebelumnya, yakni sebelumnya cukup digelar di Gedung Utama DPRD Kaltim, sedangkan saat ini dilakukan di Stadion Utama di Palaran.

"Alasan perubahan lokasi pelantikan adalah karena sebelumnya cukup dihadiri sekitar 1.200 undangan karena kapasitas gedung di DPRD Kaltim hanya sekitar itu, sedangkan pelantikan gubernur saat ini akan dihadiri sekitar 5.000 tamu dan undangan sehingga lokasi yang tepat diarahkan ke Stadion Utama Palaran, Samarinda.

Sementara itu, Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak yang terpilih kedua kalinya dalam Pilkada langsung pada 10 September, meminta semua panitia pelantikan terus melakukan koordinasi agar pelaksanaannya berjalan lancar dan tidak membuat malu tamu dan undangan yang hadir.

Semua yang berkaitan dengan pelantikan dimintanya siap, seperti fasilitas penunjang di Stadion Utama harus siap, hotel, dan transportasi juga harus siap agar para tamu merasa nyaman begitu sampai di Kaltim.

Dia mengaku sudah meminta maskapai penerbangan untuk menambah penerbangan ekstra, yakni untuk tujuan Bandara Sepinggan Balikpapan, termasuk penerbangan pesawat perintis tujuan Balikpapan - Samarinda karena akan banyak tamu nasional yang hadir.

Fachrudin juga meminta panitia memastikan PLN untuk menjamin tidak ada pemadaman listrik saat acara pelantikan agar tidak menggangu kelancaran acara tersebut, sebab saat pelantikan jika listrik padam, maka hal itu akan cukup memalukan.   (*)

Pewarta: M Ghofar

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013