Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) APT Pranoto Samarinda memperkirakan bahwa puncak arus mudik penumpang berdasarkan pengalaman tahun-tahun yang lalu, dimulai sekitar tiga hari sebelum lebaran, atau lebih tepatnya 19 April 2023.

“Seperti pengalaman tahun-tahun sebelumnya, puncak arus mudik penumpang di Bandara APT Pranoto Samarinda terjadi mulai pertama cuti bersama, dan tahun ini puncaknya diperkirakan dari tanggal 19 April,” ujar Kepala Seksi Teknik dan Operasi UPBU APT Pranoto, Dwi Muji di Samarinda, Sabtu.

Dikemukakannya, pada tahun 2022 lalu, puncak arus mudik di Bandara Samarinda terjadi pada tiga hari sebelum Idul Fitri 1443 Hijriah  hingga rentang tanggal 30 April - 1 Mei.

Lanjutnya, untuk saat ini pergerakan penumpang rata-rata 1.700 orang melalui Bandara Samarinda, dengan kenaikan per harinya sekitar lima persen dibanding hari kemarin.

“Peningkatan arus mudik terbanyak diperkirakan pada hari Rabu (19/4), disebabkan tepat dimulainya tanggal cuti bersama yang sudah ditetapkan pemerintah,” ucap Dwi Muji.

Ia menyampaikan, pada Sabtu ini, diperkirakan pergerakan penumpang pesawat sebanyak 2.500 orang, baik itu penumpang yang berangkat mau pun yang tiba di bandara Samarinda.

Ditambahkannya memang ada pengajuan jadwal penerbangan tambahan untuk rute yang berbeda, sementara ini hanya ada dari Maskapai Super Air Jet tujuan ke Surabaya. Untuk yang lain masih menunggu info lebih lanjut.

Dwi Muji menerangkan, ada pun maskapai yang tersedia dalam pengangkutan penumpang pada arus mudik di Bandara APT Pranoto Samarinda, antara lain Batik Air, Lion Air, Super Air Jet, Wing Air, dan Citilink.

“Kepada masyarakat Kaltim yang ingin bepergian, agar mempersiapkan tiket yang dibeli di tempat Counter resmi agar tidak terjadi penipuan tiket palsu, kemudian  sudah vaksinasi booster dan juga  tidak membawa barang berharga yang berlebihan,” imbaunya.

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023