Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Kalimantan Timur menyiapkan uang rupiah dengan total Rp4,19 triliun untuk layanan penukaran uang rupiah kepada masyarakat, khususnya guna kebutuhan Lebaran 2023.


Kepala Kantor Perwakilan BI Kaltim Ricky Perdana Gozali di Samarinda, Senin, mengatakan pihaknya bersama perbankan telah membuka layanan penukaran uang kecil kepada masyarakat dengan tajuk Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idul Fitri 2023.

Ia menjelaskan kebutuhan uang pada Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini diproyeksikan meningkat daripada tahun sebelumnya.

"Jika dibandingkan tahun sebelumnya, maka jumlah tersebut mengalami peningkatan 15,55 persen atau setara dengan Rp564 miliar," kata dia.

Secara nasional, kata dia, Bank Indonesia menyediakan pasokan tunai Rp195 triliun atau naik 8,2 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Hal ini sejalan dengan peningkatan mobilitas dan geliat aktivitas ekonomi masyarakat pascapandemi COVID-19 dan potensi mudik Lebaran 2023 yang mendorong optimisme pemulihan pertumbuhan ekonomi.

Sebagai upaya mempermudah pelayanan penukaran uang di masyarakat dalam memenuhi kebutuhan Ramadhan dan Idul Fitri, kata dia, BI Kaltim bersinergi dengan perbankan, Otoritas Jasa Keuangan ( OJK), dan pemerintah daerah dalam melayani penukaran uang.

Pewarta: Arumanto

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023