Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Paser segera menggelar pelatihan prakerja bagi 200 calon tenaga kerja dengan melibatkan perusahaan yang tergabung dalam Forum Komunikasi Jejaring Pemagangan (FKJP).

“Target kami 200 orang yang mengikuti pelatihan prakerja,” kata Kepala Disnakertrans Paser Madju Simangunsong, di Tanah Grogot, Selasa .

Ia menjelaskan, pelatihan yang diberikan kepada peserta adalah  pelatihan cara menghadapi tahapan interview dan psikotes. Hal tersebut  dikarenakan pengalaman  tahun 2022  banyak pelamar yang gagal di dua tahapan tersebut.

Menurutnya, pelatihan yang dilaksanakan Disnakertrans dua kali dalam setahun. Untuk instruktur pelatih berasal dari perusahaan seperti PT. Kideco. Mereka perusahaan besar yang berpengalaman dalam merekrut tenaga kerja.

Madju mengemukakan, pelatihan tersebut bertujuan sebagai bekal para pencari kerja, sehingga pada saat melakukan tahapan tes sudah memiliki pengetahuan terkait wawancara dan psikotes.

"Kami berharap kegiatan pelatihan prakerja  tersebut dapat menghasilkan  tenaga yang siap kerja.

Ia menambahkan, jika mereka sudah mendapatkan pekerjaan atau terserap, maka akan mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Paser,” katanya.

 

Pewarta: R. Wartono

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023