Legislator  DPRD Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Sarkowi V Zahry meminta agar bidang kebudayaan dibentuk dinas sendiri  yakni Dinas Kebudayaan, tidak dilebur dengan Dinas Pendidikan seperti yang selama ini.

“Selama ini bidang kebudayaan masih dilebur penanganannya dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, sehingga alokasi anggarannya tidak teralokasi secara khusus,“ kata Sarkowi di Samarinda, Senin.

Ia mengatakan, hal itu agar anggaran kegiatan kebudayaan bisa lebih dialokasikan secara khusus. Peleburan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan membuat bidang kebudayaan hanya tertangani pada level bidang Eselon IV, sehingga pada penganggaran kegiatan hanya terkesan asal ada.

Sarkowi menjelaskan, pada Perda Pemajuan Kebudayaan  yang telah disahkan DPRD  Kaltim  beberapa waktu lalu,  memuat banyak hal yang mesti diperhatikan pemerintah daerah, dalam memajukan kearifan budaya lokal.

“Pemisahan Dinas Kebudayaan menjadi dinas tersendiri sudah saya sampaikan sebagai langkah rekomendasi dalam pemajuan kebudayaan, dan ini mestinya dipertimbangkan oleh pemerintah daerah,” ujar Sarkowi.

Dia juga mendorong  agar  persoalan kebudayaan daerah dikelola khusus oleh satu lembaga. Sebab, kebudayaan merupakan nyawa yang mesti dipertahankan dan dilestarikan, terutama dalam menyongsong Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Dikemukakannya, selama ini budaya sering dianggap sekadar  seni  saja.  Sehingga, pelestariannya cendrung pada bidang pementasan karya saja,  sementara nilai-nilai dan norma-norma yang diatur dalam adat istiadat tak lagi terakomodir secara baik dan berkelanjutan.

“Semua elemen harus ikut andil dalam pemajuan budaya Kaltim.  Baik dari pemerintah daerah, lembaga pendidikan, pakar-pakar budaya, hingga  Dewan Kesenian Daerah (DKD). Hal ini akan memberikan kelancaran dalam menjalankan berbagai program kerja yang akan dibuat,” harap Sarkowi.

Pewarta: Fandi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022