Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Timur (KPw BI Kaltim) melaksanakan berbagai program pengembangan dan pendampingan bagi 158 UMKM pada 2022 agar dapat naik kelas menuju pasar global. 

"Salah satu yang dikembangkan oleh BI Kaltim dalam program ini adalah pengembangan batik bersama desainer internasional serta Balai Besar Kerajinan dan Batik," ujar Kepala KPw BI Kaltim Ricky Perdana Gozali di Samarinda, Sabtu.

Pihaknya juga mendukung UMKM naik kelas ke pasar internasional melalui program Export Kaltimpreneurs yang telah menghasilkan delapan eksportir baru dengan total transaksi senilai Rp6,8 miliar, kemudian business matching bersama perbankan yang telah mendukung UMKM mendapatkan kredit Rp2,1 miliar

Sebagai puncak pelatihan sepanjang 2022, maka ditampilkan wajah baru batik Kaltim karya UMKM perajin batik se-Kaltim pada Paradise of The East, yaitu Fashion Show Pesona Batik Kaltim dengan tema "UMKM Berkapasitas, Berkualitas dan Naik Kelas" digelar di Big Mall Samarinda pada 9-10 Desember.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai puncak sekaligus penutup program pembinaan UMKM oleh pihaknya melalui sinergi dengan Pemprov Kaltim sepanjang tahun 2022.

"Kaltim Paradise of The East juga merupakan bentuk dukungan terhadap Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) yang akan diselenggarakan di Kalimantan Barat," katanya.

Ricky menyampaikan, pengembangan UMKM merupakan salah satu program prioritas BI, karena UMKM merupakan salah satu penyumbang pertumbuhan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja dengan kontribusi signifikan.

Urgensi pengembangan UMKM yang berkapasitas dan berkualitas di Kaltim kini terus diperkuat seiring kepindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke Kalimantan, sehingga para pelaku UMKM di Kaltim perlu menyusun strategi untuk menangkap peluang bisnis yang berkualitas dan kapasitas memadai.

Sementara itu, Sekretaris Provinsi Kaltim Sri Wahyuni menyampaikan, peluang yang hadir seiring kepindahan IKN ke Kalimantan harus diikuti daya saing yang kompetitif, sehingga ia mengapresiasi BI Kaltim yang terus meningkatkan kapasitas UMKM melalui berbagai pelatihan dan sertifikasi, karena dua hal itu yang masih perlu ditingkatkan.

Sebagai rangkaian Kaltim Paradise of The East, dimeriahkan Talkshow On Boarding Digital untuk mendukung UMKM Go Digital yang membahas tips Content Creating.

Kemudian Talkshow SME's Export Acceleration, Mahakam Coffee Creation atau kompetisi membuat kopi dengan teknik aeropress throwdown sebagai salah satu upaya untuk memperkenalkan kopi Kaltim sebagai produk unggulan.

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022