Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Kalimantan Timur berhasil menerima tiga penghargaan sertifikasi akreditasi dari Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI.

Kepala LAN RI, Adi Suryanto di Samarinda, Rabu menuturkan, tiga penghargaan tersebut adalah sebagai Lembaga Penyelenggara Pelatihan Terakreditasi dengan Kategori Bintang 1 (satu), Penyelenggara Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) kategori Akreditasi A dan Penyelenggara Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS kategori Akreditasi A.

Ia mengatakan prioritas pembangunan menekankan pada pembangunan sumber daya manusia (SDM) yang diterapkan melalui kebijakan, program, metode dan kurikulum pelatihan aparatur sipil negara (ASN).

"Pada tahun ini ditetapkan sebanyak 44 lembaga pelatihan pemerintah dan non pemerintah yang berhasil mendapatkan akreditasi dari Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI," katanya.

Ia mengungkapkan proses akreditasi lembaga pelatihan merupakan salah satu upaya untuk memastikan kualitas pelatihan SDM aparatur senantiasa terjaga.

Suryanto mengajak seluruh stakeholders dan penyelenggara pelatihan untuk memberikan berbagai masukan dan melakukan pengembangan instrumen dalam proses pelaksanaan akreditasi lembaga pelatihan.

“Tidak mungkin akan hadir sebuah pemerintahan berkualitas tanpa dukungan kualitas SDM yang profesional. Untuk itu, maka peran lembaga pelatihan menjadi strategis untuk mempersiapkan SDM aparatur yang diharapkan memiliki kompetensi dan bisa bekerja berkarya membangun negeri,” tuturnya saat membuka acara Penyerahan Akreditasi Lembaga Pelatihan Tahun 2022.

Sementara itu, Kepala BPSDM Kaltim Nina Dewi mengucapkan syukur dan terima kasih atas dukungan tim BPSDM Kaltim dan Widiyaswara, penyelenggara, penjamin mutu dan para alumni yang secara bahu membahu membantu suksesnya kegiatan akreditasi hingga menghasilkan penilaian yang baik.

“Penghargaan ini merupakan kerja keras kita bersama untuk menciptakan SDM yang terbaik di Kaltim. Harapannya ke depan, kualitas kita sebagai penyelenggara pelatihan semakin baik lagi, dipertahankan dan ditingkatkan. Insya Allah,” katanya.

 

Pewarta: Arumanto

Editor : M.Ghofar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022