Samarinda (ANTARA Kaltim)- Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak menyambut kedatangan rombongan haji kelompok terbang (kloter) pertama Embarkasi Haji Balikpapan asal Sulawesi Tengah (Sulteng) di Bandara Internasional Balikpapan, Senin (21/10).

"Kloter pertama jamaah haji asal Sulteng  tiba sekitar pukul 10.15 Wita   menggunakan pesawat Garuda Airlines dengan nomor flight GA 4201.

Para jamaah merasa  senang dan bangga, sebab meski berasal dari Sulteng, mereka mendapat  kehormatan ketika disambut langsung oleh Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak dengan ramah," kata Ketua Panitia Penyelenggara Haji (PPIH) Embarkasi Balikpapan HM Kusasi, Senin kemarin.

Kepala Kanwil Kementerian Agama Kaltim  ini mengungkapkan, semula  jamaah haji akan disambut di asrama haji, namun gubernur mengubah rencana tersebut dan berinisiatif menyambut para tamu Allah itu di dalam pesawat.

Kepada para jamaah, Gubernur Awang Faroek meminta agar mereka tetap mampu menjaga kemabruran haji mereka dalam kehidupan sehari-hari.

"Saya mengucapkan selamat datang kepada jamaah haji asal Sulteng, kita berdoa semoga anda sekalian selalu sehat dan selamat sampai kampung halaman masing-masing," doa gubernur seperti yang ditirukan Kusasi.

Selanjutnya, Kusasi berharap semua jamaah haji tetap menjaga tali silaturahmi dan berhimpun dalam satu wadah Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI). Dia juga menjelaskan, hingga saat ini satu jamaah wafat karena penyakit jantung. Namun secara keseluruhan kondisi jamaah dalam keadaan sehat walafiat.

 Satu jamaah haji yang wafat itu berasal dari Kabupaten Kutai Kartanegara. Secara keseluruhan pelayanan haji tahun ini dinilai lebih baik dibanding tahun-tahun sebelumnya.  Jumlah jamaah yang wafat pun jauh berkurang.

"Pihak PPIH Embarkasi Balikpapan  akan terus memantau  perkembangan informasi seputar kondisi jamaah haji, sampai  seluruh jamaah dipulangkan ke tanah air," ungkapnya. (Humas Prov Kaltim/sar).

 




Pewarta:

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013