Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda melakukan kunjungan ke PT Pupuk Kalimantan Timur dalam rangka kuliah lapangan mengenai public relations (PR) industri bisnis dalam mata kuliah Advance PR.

"Kita berbangga karena sekian lama akhirnya terjalin kembali hubungan Fisipol dengan Pupuk Kaltim," tutur VP Komunikasi Korporat PT Pupuk Kalimantan Timur Tommy Johan Agusta di Bontang, Kamis.

Kedatangan rombongan mahasiswa yang terbagi menjadi dua kelas, yakni kelas A dan kelas B disambut hangat oleh pihak Pupuk Kaltim di Grand Equator Hotel.

Dalam sambutannya, Tommy sedikit bercerita bahwa di tahun 1995 saat ia masih menjadi mahasiswa di Unmul, di Fekon Unmul dan saat itu juga berkunjung ke Pupuk Kaltim di Bontang.

"Saya juga membayangkan enaknya jadi karyawan Pupuk Kaltim. Mudah-mudahan bisa bergabung di komunikasi korporat Pupuk Kaltim," tuturnya menyemangati.

Dalam kesempatan yang sama Dosen Fisip Unmul Hairunnisa menjelaskan kedatangannya bersama rombongan dari Samarinda untuk mencari ilmu di luar lingkungan kampus.

"Kami tidak hanya belajar di kampus karena kalau belajar di kampus itu seperti katak dalam tempurung," ujarnya.

Ia mengungkapkan, Pupuk Kaltim akhirnya dipilih menjadi destinasi mahasiswa Ilmu Komunikasi karena dalam mata kuliah Advance PR belajar tentang PR sosial, PR industri bisnis, PR internasionaal dan PR pemerintahan.

Kemudian setelah dilakukan diskusi, PR industri bisnis akhirnya disepakati untuk dipelajari secara langsung di lapangan dan Pupuk Kaltim dipilih dengan pertimbangan perusahaan yang representatif di Kaltim juga bisa dijangkau.

"Mudahan ke depan ada kerja sama di bidang jurnalistik," harapnya.

Selain itu, ilkomers juga berkesempatan melakukan tour menggunakan bus Pupuk Kaltim untuk melihat pabrik pengolahan pupuk yang ternyata cukup rumit dan tidak semudah yang dikira.
 

Pewarta: R'sya R/Gunawan Wibisono

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022