Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur berencana bangun bumi perkemahan bertaraf internasional yang lokasinya berada dekat dengani ibu kota negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara.
 

“Kaltim merencanakan pembangunan bumi perkemahan yang diproyeksikan terluas di Indonesia, tidak hanya luas tapi juga terbaik dan bertaraf internasional,” kata Gubernur Kaltim Isran Noor di Samarinda, Kamis.

Ia mengatakan, tahapan pembangunan bumi perkemahan di Kaltim sudah masuk tahapan  proses detail engineering design (DED), dengan luas pembangunan mencapai 500 hektare.

Lahan tersebut lebih luas dari Bumi Perkemahan dan Graha Wisata  Cibubur di DKI Jakarta yang menjadi pusat kegiatan kepramukaan dengan luas sekitar 230 hektare.

Isran Noor berharap, pembangunan bumi perkemahan di Kaltim tersebut mendapat dukungan pendanaan dari pemerintah pusat. Karena nantinya, fasilitas tersebut dapat menjadi aset nasional. Dan menjadi pusat kegiatan kepramukaan baru di wilayah IKN.

Dia juga rencananya akan menghadap presiden secara langsung, untuk meminta dukungan pembangunan bumi perkemahan di Kaltim.

Isran menargetkan pembangunan bumi perkemahan di Kaltim  selesai dalam 2-3 tiga tahun ke depan. Rencana tersebut saat ini sedang dalam proses dan ditangani  oleh Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, dan Perumahan Rakyat (DPUPR)  Provinsi Kaltim.(Adv/Diskominfo Kaltim)
 

Pewarta: Rhd

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022