PT Kutai Refinery Nusantara (KRN) salah satu business Unit dari Apical Group yang bergerak dalam bidang pengolahan minyak sawit  yang berada di Balikpapan, Kalimantan Timur melaksanakan kurban bersama warga Salok Baru.
 

“Kami berkurban dengan 3 ekor sapi,” kata perwakilan manajemen KRN Martin Soekendar, Rabu. Satu sapi juga diserahkan kepada Panitia Qurban Masjid Jami At Taqwa di Klandasan sehari sebelum Idul Adha Sabtu 9/7 pekan lalu. 

Dua sapi lainnya dipotong Minggu 10/7 bersama warga Salok Baru, pemukiman warga ujung Kawasan Industri Kariangau (KIK) dan berada di lingkungan KRN.

Salok Baru terdiri dari 3 RT, yaitu RT 8, RT 9, dan RT 15 dengan jumlah penduduk seluruhnya tidak kurang dari 750 jiwa. Sapi dari Apical Group-KRN, menambah jumlah sapi kurban warga, selain juga ada kambing.

“Cukup ini semua warga bisa kebagian,” senyum Pak Colleng, pengurus Masjid Baiturrahman Salok Baru yang menerima sapi kurban dari manajemen KRN.

KRN adalah perusahaan pengolahan crude palm oil (CPO) menjadi sejumlah produk jadi. Dari pabrik di Salok Baru tersebut dihasilkan bio diesel, minyak goreng, dan berbagai bahan baku untuk industri lanjutan.

Saat terjadi kelangkaan minyak goreng lalu, KRN menjadi bagian penting dari operasi pasar yang digelar Pemkot Balikpapan. Perusahaan menyediakan  minyak goreng curah dan menjualnya langsung ke pedagang di pasar tempatnya berdagang. Dengan demikian harga bisa tetap murah karena tidak diperlukan ongkos angkut.

Berbagi hewan kurban, cerita Marten Soekendar, sudah menjadi tradisi Apical Group. Adalah nilai-nilai perusahaan, yaitu berbagi kepada masyarakat, terutama masyarakat di sekitar lokasi usaha.
 

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022