Lomba lari 10 kilometer bertajuk Mahakam 10K 2022 untuk memeriahkan Kemerdekaan RI di Kota Samarinda, Kalimantan Timur, siap digelar pada 21 Agustus dengan mengambil rute jalan di pinggir Sungai Mahakam.


"Mahakam 10K 2022 diselenggarakan pada 21 Agustus dengan pembukaan di Hotel Harris Samarinda yang digelar secara hybrid untuk dua kategori," ujar Direktur Lomba Mahakam 10K Husni Kamil dalam rilisnya di Samarinda, Rabu.

Dua kategori tersebut adalah lomba lari sejauh 5 km untuk kategori pelajar, kemudian sejauh 5 km dan 10 km untuk kategori umum.

Pembukaan dilakukan hybrid (secara langsung dan daring) karena untuk menjaga protokol kesehatan (prokes), karena meski kasus COVID-19 terus melandai, namun pandemi belum berlalu.

"Kami menyiapkan kegiatan ini secara teknis maupun nonteknis bagi semua peserta agar merasa aman dan nyaman, terutama soal prokes karena pandemi belum berakhir dan untuk menjaga keamanan bersama," ucap Husni.

Sementara Ketua Pelaksana Mahakam 10K Siswanda H Sumarto mengatakan, Mahakam 10K 2022 mengambil jalur di pinggir Sungai Mahakam karena di sepanjang tepi sungai Itu terdapat lintasan yang sering dipakai warga jalan santai dan olahraga, sehingga lintasannya cocok untuk lomba lari.

"Dalam hal ini, kami mengutamakan konsep 'sport tourism'. Alasannya sederhana, karena Sungai Mahakam dan umumnya Kalimantan Timur punya beberapa objek wisata menarik, tapi masih banyak orang di Indonesia belum mengenalnya," ujar Siswandi.

Di sekitar Mahakam juga setiap hari tampak sejumlah warga yang olahraga lari atau jogging, sehingga jalur tersebut sengaja dipilih karena memang sangat cocok untuk pengenalan potensi wisata di Mahakam melalui penyelenggaraan lomba lari.

"Mahakam 10K ini akan menjadi agenda olahraga tahunan agar masyarakat luas bisa lebih mengetahui daya tarik yang tersembunyi di sekitar Sungai Mahakam. Apalagi sungai ini merupakan Ikon geografis Kalimantan Timur yang memiliki panjang sekitar 920 km," katanya.
 

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022