Siswa Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Kaltim dalam pelaksanaan magang latihan kerja (Latja) kali ini diajarkan cara bersosialisasi kepada masyarakat di lingkungan tempat bertugas.


"Kali ini para siswa kita ajarkan bersosialisasi ke masyarakat dan tempat yang dipilih adalah lingkungan Pasar Merdeka di Jalan Lambung Mangkurat Kecamatan Sungai Pinang, Kota Samarinda," ucap Kanit Binmas Polsek Sungai Pinang Ipda Gatot Boedi Santoso di Samarinda, Jumat 

Dikatakannya, di lingkungan pasar tersebut para siswa melaksanakan sambang ke para pengunjung dan masyarakat yang beraktivitas di pasar.

"Kenapa kita pilih lingkungan pasar, karena pasar tradisional ramai akan aktivitas warga masyarakat, dimana kehadiran petugas kepolisian dirasa sangat diperlukan," ujarnya.

Kanit Binmas mengatakan, siswa Latja bersosialisasi bersama warga masyarakat untuk mendengarkan keluhan serta mendapatkan informasi perkembangan situasi kamtibmas melalui dialog yang dilakukan bersama pengunjung pasar maupun para pedagang.

Bukan hanya itu, para siswa Latja juga dituntut mampu memberikan pesan serta imbauan-imbauan terkait prokes serta kewaspadaan terhadap aksi kejahatan.

“Latihan kerja ini bertujuan agar siswa Polri ini bisa percaya diri saat hadir dan tampil bersama warga yang tengah beraktivitas," ujar Gatot.

Sementara itu, Kapolsek Sungai Pinang AKP Noor Dhianto menuturkan dengan adanya latihan kerja ini diharapkan siswa siswa  mampu percaya diri di tengah  masyarakat dan bisa memberi rasa aman bagi warga yang sedang beraktivitas.

Para siswa ini harus mampu belajar untuk tampil dimuka umum, menyampaikan imbauan, melaksanakan patroli kamtibmas serta dialogis, untuk mengetahui dinamika masyarakat dan berbagai macam persoalan yang nantinya dapat menjadi konsultan bagi warga.

"Diharapkan sinergitas serta kepercayaan masyarakat dapat terjalin dan terbina dengan baik untuk terwujudnya Pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat yang aman, nyaman dan kondusif," tutur AKP Noor Dhianto.

Pewarta: Gunawan Wibisono

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022