Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM menggelar pelatihan keterampilan usaha produktif mebel kayu dan Rotan serta pelatihan Manajemen Usaha Koperasi bagi anggota, pengurus dan pengawas koperasi.
 

“Pelatihan ini diselenggarakan dari  29 Maret - 1 April 2022, untuk memberikan motivasi peningkatan produktivitas dengan peningkatan keterampilan dan motivasi berkreativitas mendesain produk mebel yang bernilai jual," kata  Kepala UPTD Pelatihan Koperasi ,Disperindagkop Kaltim, Zainuddin Panani di Samarinda, Selasa.

Ia mengatakan, pelatihan tersebut juga akan menambah pengalaman peserta dalam praktik berbagai teknik kombinasi dari kayu dan rotan.

Adapun peserta  berasal dari UKM dan anggota pengurus koperasi kabupaten/kota di Kaltim tersebut berjumlah 60 orang secara luring dan  45 peserta mengikuti secara daring.

Dia berharap pelatihan bisa menambah perekonomian peserta.

Sementara, salah satu peserta pelatihan yang merupakan anggota Koperasi Sejahtera Insan Cita, Bawon Kuatno menyampaikan terima kasih atas digelarnya pelatihan tersebut.

"Pelatihan ini merupakan momentum bagi kami koperasi yang baru saja berdiri untuk bagaimana ke depan berjalan dengan baik dan ilmu yang kami dapatkan ini sangat bagus supaya kita tidak salah jalan," ungkapnya.

Ia mengaku sangat bersyukur bisa ikut dalam pelatihan, dengan harapan sesuai nama koperasinya Sejahtera Insan Cita, seluruh anggota yang bernaung di dalamnya betul-betul sejahtera meraih cita-cita yang diinginkan.

"Kita tidak ingin menjadi bagian dari koperasi yang tidak aktif," tuturnya.

Koperasi yang bergerak di sektor serba usaha tersebut saat ini fokus untuk menyejahterakan anggotanya dahulu, misalnya untuk bahan pokok.

"Memang anggota kami tidak banyak, tahap awal 25 anggota, tapi kami ada data kurang lebih 60 orang yang segera bergabung,"  kata Bawon Kuatno.

Pewarta: R'Sya R

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022