Wali Kota Samarinda Andi Harun mengusulkan perairan Sungai Mahakam bisa menjadi destinasi wisata unggulan di wilayah Kalimantan Timur, sehingga kedepan bisa menjadi pertimbangan bagi proyek strategis nasional.
 

“Terima kasih atas kepercayaan kepada Samarinda menjadi tuan rumah Rakornis Pariwisata dan Ekonomi Kreatif se-Kaltim. Saya menyambut baik dan dukung penuh agenda ini. Yang bertujuan mendorong peningkatan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Kaltim,” terang Wali Kota Samarinda, Andi Harun pada acara Welcome Dinner  di Hotel Harris Samarinda, Senin malam.

Di hadapan peserta yang merupakan unsur organisasi perangkat daerah yang membidangi pariwisata dan ekonomi kreatif se-Kaltim itu, Andi Harun turut menjabarkan potensi pariwisata di Samarinda.

Ia menjelaskan, Samarinda berada di lokasi strategis dengan Sungai Mahakam sebagai salah satu potensi unggulan. Rencana pembangunan ibu kota negara (IKN) di Kaltim diharapkan jadi momentum mewujudkan konsep pariwisata smart city dan smart tourism di Samarinda.

Andi Harun pun menyebutkan bahwa pariwisata ke depan jadi salah satu andalan mendongkrak kesejahteraan masyarakat, termasuk mengurangi pengangguran.

Karenanya, Pemkot Samarinda kian giat melakukan pendampingan kepada masyarakat. Warga didorong menangkap peluang dari setiap potensi yang ada, terutama dalam momentum pembangunan IKN di daratan Bumi Etam.

“Hari ini Presiden Jokowi (Joko Widodo) berkemah di IKN. Ini bentuk keseriusan pemerintah pusat dalam pembangunan di Kaltim. Maka harus disikapi dengan persiapan matang. Termasuk untuk urusan pariwisata dan ekonomi kreatif,” urainya.

Andi Harun meyakini jika semua pihak bisa sinergi dan melakukannya berkesinambungan, dari sektor pariwisata dan ekonomi kreatif bakal begitu krusial mendongkrak perekonomian Kaltim.

Sinergi diyakininya menjadi kunci pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif ke depan. Meningat, Kaltim dengan sepuluh kabupaten/kotanya, memiliki ciri dan keunikan masing-masing. Poin itu lah yang bisa jadi nilai tambah, mengingat salah satu faktor terpenting dalam pariwisata adalah diferensiasi.

“Di Indonesia, tak banyak kota seperti Samarinda yang dibelah sungai. Maka Samarinda yang dulunya disebut waterfront city, kami ubah menjadi riverside city. Cikal bakal ekonomi kreatif dan pariwisata di Sungai Mahakam pun telah dimulai,” ungkap Andi Harun.

Ketua DPD Partai Gerindra Kaltim itu pun mengungkapkan kian berkembangnya aktivitas kapal wisata di Sungai Mahakam. Seiring waktu, atraksi wisata tersebut kian menyedot animo masyarakat.

Bukan hanya jadi magnet bagi warga Samarinda, melainkan juga pengunjung dari luar daerah, terutama kabupaten/kota tetangga. Menyadari potensi tersebut, Andi Harun pun telah memulai langkah mengajukan Sungai Mahakam sebagai destinasi wisata unggulan proyek strategis nasional. (Advetorial)

 

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022