Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi Kalimantan Timur terus menggiatkan patroli pengawasan selama penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level tiga di sejumlah wilayah setempat.


Kepala Satpol PP Kaltim Gede Yusa mengatakan peran Satpol PP dalam implementasi PPKM pada level tiga terus dilaksanakan di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota.

"Petugas penertiban di lapangan selalu mengingatkan masyarakat secara sopan dan humanis untuk disiplin serta tidak kendor menjalankan protokol kesehatan (prokes) minimal memakai masker yang baik dan benar," kata Gede Yusa dalam keterangan resmi diterima di Samarinda, Kamis.

Gede Yusa menambahkan petugas di lapangan tidak bosan-bosannya mengingatkan warga, anggota berpatroli menggunakan pengeras suara untuk saling mengingatkan masyarakat secara humanis dan mengimbau agar tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Walaupun perkembangan harian COVID-19 beberapa hari ini terus menurun, kita tetap melakukan patroli pengawasan untuk mengingatkan masyarakat agar tidak kendor melaksanakan prokes. Karena kalau lalai menerapkan prokes siapa saja bisa terpapar virus corona. Karena itu kita selalu mengingatkan untuk tetap waspada dan menjalankan prokes," pesan Gede Yusa.

Gede Yusa berharap kegiatan yang dilakukan jajaran Satpol PP kiranya mampu menyadarkan masyarakat agar tidak lalai menegakkan protokol kesehatan. Tak lupa juga mengedukasi dan memberikan peringatan bagi masyarakat akan penularan virus corona.

“Masyarakat yang daerahnya sudah masuk level PPKM, kiranya tetap waspada penyebaran virus corona. Apalagi ada varian Omicron yang penularannya sangat cepat, maka masyarakat harus semakin waspada," ujarnya.

Upaya untuk menekan penyebaran COVID-19, lanjut Gede, perlu dukungan dan partisipasi semua pihak, termasuk kesadaran masyarakat agar tidak kendor melaksanakan protokol kesehatan melalui gerakan 5M, yaitu memakai masker, mencuci tangan pakai sabun pada air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi dan interaksi.

"Dengan kesadaran, ditambah kepatuhan dan disiplin melaksanakan 5M, maka masyarakat terhindar dari tertular Covid-19, sehingga dengan begitu kasusnya dapat kita tekan."kata Gede Yusa.

Pewarta: Arumanto

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022