Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) menggelar pelatihan penyusunan dan pengelolaan APBDes secara profesional.
 

“Pelatihan ini digelar selama tiga hari (17-19) terdiri atas dua angkatan dan diikuti  sebanyak  40 peserta dari Kabupaten Kutai Barat dan Kabupaten Mahakam Ulu,” kata Ketua panitia yang juga Kabid Pengembangan Kompetensi Teknis BPSDM Kaltim, Apriyana Rachmawati  di Hotel Novotel, Balikpapan,Jumat (18/2/2022).

Ia mengatakan pelatihan ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman kepada para peserta dalam menyusun dan mengelola dana desa bagi perangkat desa  yang bersumber dari  APBDes.

Apriyana menjelaskan Kabupaten Kutai Barat dan Kabupaten Mahakam Ulu merupakan prioritas pengembangan SDM, karena jika dilihat dari sisi Indeks Desa Membangun (IDM) memang posisinya perlu dukungan, jika dibanding lima kabupaten lainnya di Kaltim.

Sementara Kepala BPSDM Kaltim, Nina Dewi pada saat pembukaan pelatihan menyampaikan pelatihan yang dilaksanakan secara luring dalam rangka  mendukung Visi Gubernur – Wakil Gubernur Kaltim.

”Membangun Kaltim Berdaulat, terutama misi pertama, yaitu ”Berdaulat dalam Pembangunan Sumber Daya Manusia yang Berakhlak Mulia dan Berdaya Saing, Terutama Perempuan, Pemuda dan Penyandang Disabilitas,” katanya.

Diketahui bahwa pelatihan tersebut menghadirkan sejumlah narasumber diantaranya dari Widyaiswara BPSDM Kaltim, Kementerian Keuangan, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Akademisi dari Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Direktur Utama PT. Abdi Nawa Sejahtera, yang bergerak di bidang manajemen korporat.

Usai pembukaan langsung  penyampaian materi  dari Widyaiswara Muda, Yoyok Setyo Langgeng, Kemudian Jauhar Efendi selaku Widyaiswara Ahli Utama menyampaikan materi tentang ”Bagaimana Tata Kelola BUMDes Menuju Badan Usaha yang Profesional”.

Pada sesi tanya jawab, banyak pertanyaan diantaranya tentang modal kerja, warisan hutang pengelola BUMDes pada periode sebelumnya, masalah kerjasama dengan perusahaan, pengembangan usaha, sulitnya mencari pengelola BUMDes yang memiliki kemampuan dan berintegritas.

Pewarta: Rhd

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022