Kantor Cabang Pembantu (Kancapem) Bulog Tanah Grogot menjamin pasokan logistik pangan aman hingga bulan Ramadhan 1443 Hijriah. Bulog juga akan menggelar operasi pasar guna menstabilkan harga pasar. 


“Untuk stok beras saat ini sebanyak 570 ton, diperkirakan cukup sampai bulan Ramadhan,” kata Kepala Kancapem Bulog Tanah Grogot, M. Radhy Anshari, di Tanah Grogot, Senin (7/2/2022).

Ia mengatakan guna mencegah adanya kenaikan harga, maka Bulog akan melakukan operasi pasar di sejumlah kecamatan dengan melibatkan mitra-mitra Bulog seperti Rumah Pangan Kita (RPK) dan toko-toko masyarakat. 

Radhy mengungkapkan stok beras dalam beberapa bulan ke depan akan bertambah mengingat pada Maret 2022 sudah memasuki masa panen. 

“Bulog akan menyerap beras petani lokal. Target bulog dalam tahun ini bisa menyerap 1.000 ton beras,” katanya.

Selain itu katanya Bulog juga memastikan komoditas lain seperti minyak goreng, daging, gula, tepung, tersedia stok di gudang. 

Radhy menjelaskan saat ini Bulog menjual minyak mengikuti Harga Eceran Tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah yaitu Rp14.000/liter.

“Minyak dijual dengan harga Rp14.000/liter dan kami menjual  dalam jumlah terbatas, khawatir yang beli pengepul. Namun jika pemerintah menghendaki lebih dari jumlah yang dijual  kami siap,” ujarnya. 

Radhy menambahkan minyak goreng besok, (Selasa,8/2) akan datang, sedangkan daging akan datang pada akhir Februari. Sedangkan stok gula masih ada di gudang  sebanyak 9 ton. Jadi masyarakat di Kabupaten Paser tidak perlu khawatir, sebab stok logistik pangan cukup hingga bulan Ramadhan. 
 

Pewarta: R. Wartono

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022