Kementerian Pertanian (Kementan) memberikan bantuan 1.000 ekor sapi melalui program desa korporasi sapi kepada Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, untuk pengembangan dan penggemukan hewan ternak tersebut.

"Program desa korporasi sapi terbagi penggemukan 500 ekor dan pengembangan 500 ekor," ujar Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Penajam Paser Utara, Mulyono di Penajam, Rabu.

Pengembangan sapi jenis Brahman Cross dari Australia, sedangkan penggemukan diambil dari sapi jenis lokal.

Hewan ternak untuk pengembangan maupun penggemukan tersebut akan disalurkan kepada lima kelompok tani di lima desa Kecamatan Babulu.

Desa penerima bantuan sapi ternak di antaranya, Desa Labangka Barat, Babulu Darat, Gunung Intan, Gunung Mulia dan Desa Gunung Makmur.

Masing-masing kelompok akan mendapatkan 100 ekor sapi pengembangan dan 100 ekor sapi penggemukan, pengelolaan dilakukan di satu lokasi dalam satu kelompok.

Desa-desa yang masuk dalam program desa korporasi sapi tersebut menurut dia, juga akan mendapatkan pengolahan biogas.

Syarat untuk mendapatkan bantuan hewan ternak sapi itu, kelompok tani harus memiliki lahan sawit untuk mencukupi pakan ternak.

"Kalau punya pribadi harus memiliki surat hibah dan syarat, ini banyak dimiliki kelompok tani Babulu," ucap Mulyono.

Kabupaten Penajam Paser Utara menerima bantuan hibah dari Kementerian Pertanian program desa korporasi sapi untuk pengembangan dan penggemukan hewan ternak sapi pada 2021.

Kabupaten Penajam Paser Utara kata dia, daerah satu-satunya di Provinsi Kalimantan Timur yang ditunjuk pemerintah pusat menjalankan program desa korporasi sapi.

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022