Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kaltim mengapresiasi kepatuhan warga dalam menaati protokol kesehatan (prokes), sehingga dalam beberapa hari terakhir tidak ada penambahan kasus COVID-19.
 

"Jumlah warga yang masih positif COVID-19 di Kabupaten PPU tersisa tiga orang, bahkan dalam beberapa hari terakhir tidak ada penambahan kasus positif," ujar Juru Bicara Penanganan COVID-19 Kabupaten PPU dr Jansje Grace Makisurat di Penajam, Sabtu.
 
Meski demikian, ia tetap mengingatkan warga selalu menjaga prokes seperti selalu menggunakan masker, menjaga jarak aman, sering mencuci tangan menggunakan sabun, beretika ketika batuk maupun bersin, dan prokes lainnya.

Menurutnya, pasien positif COVID-19 di PPU yang tersisa tiga orang tersebut tersebar pada 2 kecamatan dari 4 kecamatan, yakni di Kecamatan Sepaku tersisa satu positif dan di Kecamatan Penajam tersisa dua positif.
 
Ia melanjutkan, total positif COVID-19 di Kabupaten PPU sejak tahun lalu hingga hari ini mencapai 4.446 orang. Perkembangan dari jumlah ini adalah 4.212 orang sembuh, 231 orang meninggal, dan terdapat 3 orang masih positif.

Sedangkan perkembangan per kecamatan dari total positif sebanyak 4.446 orang tersebut adalah di Kecamatan Penajam masih zona kuning dengan menyisakan 2 orang positif, total sembuh ada 2.204 orang, dan total meninggal 102 orang.
 
Kemudahan di Kecamatan Waru sudah zona hijau karena sudah tidak ada lagi warga yang positif, terdapat total sembuh sebanyak 462 orang, dan total meninggal karena COVID-19 ada 23 orang.
 
Di Kecamatan Babulu sudah di zona hijau karena sudah tidak ada lagi yang positif, total sembuh sebanyak 666 orang, dan total meninggal terdapat 50 orang.
 
"Sedangkan di Kecamatan Sepaku masih berada di zona kuning dengan menyisakan 1 orang yang masih positif, total sembuh ada 880 orang, dan total meninggal karena COVID-19 terdapat 56 orang," ujar Grace.
 
 

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021