Menyambut HUT ke-44 tahun, PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim/PKT) bekerja sama dengan Ikatan Pemuda Selambai Berkarya (IPSB), menggelar Race Laut dan Lomba Dayung di Kampung Pesisir Selambai, Kelurahan Loktuan, Bontang Utara.


Kegiatan diikuti 70 peserta se-Kota Bontang selama dua hari, pada 20-21 November 2021. 

Ketua Panitia Race Laut Adi, mengatakan kegiatan ini merupakan agenda tahunan IPSB bersama PKT, untuk melestarikan budaya sekaligus memfasilitasi para racer Kota Bontang dalam menyalurkan hobi dan kemampuan pada kegiatan yang positif.

Race Laut tahun ini terdiri dari dua kategori lomba, yakni kategori mesin 6-8 Paardenkracht (PK) dan 13-24 PK, sedangkan untuk lomba dayung terdiri dari kategori putra dan putri.

“Para peserta berasal dari Pesisir Pulau Gusung, Selangan, Tihi-tihi, Bontang Kuala, Berbas Pantai, Tanjung Laut Indah dan Selambai,” ujar Adi. 

Melihat tingginya antusias peserta, Adi berharap kegiatan ini dapat didukung PKT secara berkelanjutan pada even yang lebih besar, sehingga dapat mengakomodir peserta dari berbagai daerah agar potensi Kampung Selambai sebagai salah satu destinasi wisata Bontang makin dikenal luas.

“Terima kasih atas dukungan PKT pada kegiatan ini, yang sekaligus memfasilitasi para pemuda Selambai untuk terus menghasilkan karya bermanfaat bagi masyarakat dan daerah,” tambah Adi. 

VP Komunikasi Korporat PKT Tommy Johan Agusta, mengungkapkan selain mendorong aktualisasi diri pemuda pada kegiatan positif, dukungan penuh PKT pada Race Laut IPSB juga sebagai upaya dalam mengangkat potensi wisata pesisir Bontang, sekaligus meningkatkan daya tarik masyarakat untuk berkunjung ke Selambai.

Hal ini merupakan langkah PKT menggeliatkan sektor pariwisata lokal, agar berdampak terhadap peningkatan ekonomi masyarakat dan para pelaku UMKM yang terimbas selama pandemi Covid-19.

“Banyak hal yang bisa kita dapatkan dari kegiatan ini, baik ajang promosi wisata maupun sarana bagi pemuda Selambai untuk produktif melalui karya. Makanya PKT mendukung penuh Race Laut setiap tahun,” kata Tommy. 

Tommy memastikan PKT akan terus mendukung kegiatan masyarakat pada hal positif, sekaligus meningkatkan manfaat Perusahaan yang telah 44 tahun bersama masyarakat Bontang.

“Insya Allah kedepan akan kita coba Race Laut dengan skala lebih besar untuk tingkat Kalimantan Timur, karena antusias peserta maupun pengunjung sangat tinggi,” lanjut Tommy. 
Race Laut dan Lomba Dayung di Kampung Pesisir Selambai, Kelurahan Loktuan, Bontang Utara (Antaranews Kaltim/HO/PKT-nav)

Sekretaris Daerah Kota Bontang Aji Erlynawati, mengapresiasi Race Laut yang digelar PKT bersama IPSB, guna menumbuhkan geliat pariwisata di pesisir Bontang.

Dirinya menekankan jika sektor pariwisata maritim sangat berpotensi dikembangkan, sebagai daya tarik Bontang bagi wisatawan untuk datang berkunjung.

Apalagi dengan antusias peserta yang sangat tinggi, diharap kegiatan ini terus berkesinambungan dan menjadi icon pariwisata lokal. 

“Dengan antusias yang tinggi, kami yakin Race Laut ini sangat berpotensi untuk dikembangkan sebagai daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung ke Bontang,” ucap Aji. (*/nav)

Pewarta: Abdul Hakim Muhiddin

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021