Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kabupaten Bulungan Provinsi Kalimantan Utara melakukan kunjungan ke Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) untuk belajar cara menangani permasalahan.
 

“Mereka ingin belajar seperti apa Kukar menghadapi situasi sehingga keadaan seperti tenang, aman, semua berjalan dengan baik, jadi mereka ingin cari tau kiat-kiatnya,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kukar Sunggono di Tenggarong, Kamis(18/11/2021).

Lanjut Sunggono, mungkin FKDM Bulungan melihat situasi di Kabupaten Kukar dalam menghadapi permasalahan, terlihat aman dan tidak pernah mencuat di media ataupun tidak bergejolak.

“Atau mungkin juga di Bulungan dalam menghadapi masalah tidak sama seperti di Kukar. Jadi mereka mencari tau, apa sih yang diperbuat Pemkab Kukar melalui FKDM dan forum-forum yang ada di Kukar,” jelasnya.

Sunggono mengungkapkan intinya bagaimana membangun komunikasi sejak awal dengan tokoh adat dan tokoh agama dan tokoh masyarakat serta stakeholder terkait deteksi  dini potensi yang terjadi di lapangan.

Ia menuturkan bahwa kuncinya selalu menjalin komunikasi sehingga potensi masalah yang timbul bisa diantisipasi sejak awal, sehingga permasalahan tidak menjadi besar.

Sunggono menambahkan selain itu juga FKDM Bulungan ingin mengatahui dengan adanya proyek strategis nasional (PSN), bagaimana dalam menghadapi isu ibu kota negara (IKN) baru.

Sementara kunjungan kerja FKDM Bulungan itu diterima Sekda Kukar Sunggono bersama jajaran Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) dan   FKDM Kukar . Mereka diterima berdialog di Ruang Serba Guna Kantor Bupati Kukar. (Adv/Kominfo Kukar)

Pewarta: Sapri Maulana

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021