Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PD2T) dan Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar)  menggelar Rapat Uji Publik Desa Peduli Penghidupan Berkelanjutan, di Hotel Grand Fatma Tenggarong, Kamis (18/11/2021).
 

“Saat ini Pemerintah Pusat terus mengawal dan menfasilitasi pengembangangan pedesaan. Hal ini untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa secara ekonomi maupun SDM, " kata  Koordinator Pengelola SDA Lingkungan dan Kebencanaan Dirjen Kementrian Desa Anas Tutik Wiryaningsih.

 Asisten I Setkab Kukar yang juga Plt Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kukar Ahmad Taufik Hidayat  mengatakan desa adalah sumber produksi yang harus bisa dinikmati dan digunakan untuk warga desa.

Hal  tersebut katanya jelas memerlukan kerja keras semua pihak untuk memetakan potensi dan aset yang dimiliki agar bisa dioptimalkan sebagai sumber penghidupan bagi warga desa.

"Saat ini Pemkab Kukar siap bersinergi, oleh karena itu aset yang ada di desa harus dimaksimalkan agar bisa menjadi alternatif sumber penghidupan bagi warga desa dan dapat memberi tambahan pendapatan kepada Pemerintah Desa, " tuturnya.

Dia menyebut  hal utama yang penting dilakukan saat ini adalah menyamakan persepsi dan komitmen antara warga dan pemerintah desa. Tanpa itu maka tidak mungkin aset dan potensi desa bisa di optimalkan.

“ Untuk bisa optimal, maka kesadaran tentang desa sebagai sumber penghidupan harus terus digaungkan,” kata Taufik Hidayat.

Menurutnya selain itu perlu  juga ada pembukaan akses terhadap sektor ekonomi baru di pedesaan. Selain pertanian dan perkebunan untuk meningkatkan perekonomian dan mengurangi kemiskinan.

Sementara kegiatan gelar uji publik desa peduli penghidupan berkelanjutan tersebut dihadiri Koordinator Pengelola SDA,Lingkungan dan Kebencanaan dari Kementerian Desa Tertinggal ,Anas Tutik Wiryaningsih, Kadis Kelautan dan Perikanan Kukar, Kabid Usaha dan Penyuluhan Dinas Pertanian dan Peternakan Kukar  Ananias,

Kemudian  Tim fasilitator koordinasi TA P3MD. Kukar Ali Muchsin Ashari. Para kepala desa, seketaris desa, kader PMD, Pengelola Karang Taruna, dan pelaku usaha.

Adapun sebagai moderator dalam Uji Publik tersebut Kepala Bidang Pendayagunaan Sarpas dari Dinas PMD Kukar. Kegiatan berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan.(Adv/Kominfo Kukar)
 

Pewarta: Sapri Maulana

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021