Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Kutai Kartenagara ( Kukar)  menyelenggarakan kegiatan Pemuda Kreatif Ekonomi Maju (Pakem) Expo Kutai Kartanegara 2021 resmi dibuka pada Jumat malam (5/11/2021).
 

“Kegiatan berlangsung selama 10 hari mulai dari tanggal 5-14 November 2021,” kata Plt Asisten II Setkab Kukar, Wiyono saat membacakan sambutan Bupati Kukar Edi Damansyah di area parkir Gedung Putri Karang Melenu (PKM)  Tenggarong Seberang.

Ia mengatakan kegiatan ini merupakan perdana pada kepengurusan KNPI Kukar yang baru periode 2021-2024.  Bahkan kepengurusan hingga kini belum dilantik namun mampu melaksanakan kegiatan cukup sebesar.

“ Artinya  menunjukan itikad luar biasa yang ditunjukan pengurus DPD KPNI Kukar terhadap pemuda di bidang kewirausahaan,” katanya.

Wiyono menambahkan kegiatan ini bagian bentuk wujud nyata kolaborasi dan sinergi untuk kebangkitan bersama masyarakat dan antara organisasi kepemudaan dengan Pemkab Kukar.

Menurutnya dibawah kepemimpinan Bupati dan Wabup Kukar Edi Damansyah-Rendi Solihin telah berkomitmen  akan menjalankan sesuai visi dan misi Kukar Idaman. Yakni mewujudkan masyarakat Kukar yang sejahtera dan berbahagia.

Wiyono menjelaskan ada lima sasaran yang ingin dicapai dari Pakem Expo  yang menyentuh langsung kepada pelaku UMKM, yakni program kukar siap kerja, Kukar kaya festival, usaha kecil idaman, Kukar kreatif idaman dan program dunia usaha ramah lingkungan.

Sekadar diketahui sebelumnya, hampir dua tahun penyebaran COVID-19  melanda Kukar, kegiatan yang mengumpulkan banyak orang ditiadakan sementara waktu. Namun dengan melandainya kasus COVID-19 di level 2 sehingga berbagai aktivitas masyarakat mulai dilaksanakan,  tapi tetap menerapkan protokol kesehatan.

Pakem Expo  sendiri dilatar belakangi  oleh banyaknya  keluhan pelaku UMKM yang penghasilannya menurun selama PPKM level 4 diberlakukan beberapa bulan terakhir. Melalui kegiatan resebut diharapkan dapat berangsur-angsur pemulihan ekonomi  dan berdampak pada UMKM Kukar.(Adv/Kominfo Kukar)

Pewarta: Sapri Maulana

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021