Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) dalam rangka memperingati HUT  Kota Tenggarong ke 239 tahun menggelar berbagai kegiatan, salah satunyamelakukan ziarah ke ziarah ke Makam Sultan Aji Imbut.
 

Rombongan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) melakukan ziarah ke makam Sultan Aji Imbut pendiri Kota Tenggarong di kuburan areal museum Mulawarman.  Ziarah merupakan rangkaian untuk mendoakan Sultan Aji Imbut karena jasa-jasanya dalam mendirikan Kota Tenggarong.

Turut hadir, Wakil Gubernur Kaltim, Hadi Mulyadi bersama Wakil Bupati Kukar Rendi Solihin, Ketua DPRD Kukar Abdul Rasid dan Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura XXI, Adji Muhammad Arifin.

“Selamat untuk Kota Tenggarong yang ke 239, kita ingin mengambil semangat membangun yang telah beliau berikan kepada kita," kata Hadi Mulyadi.

Ditengah wabah COVID-19, Wagub Kaltim meminta agar masyarakat  tidak boleh menyerah sedikit pun dan harus bersiap dengan ditetapkannya Kaltim sebagai Ibu Kota Negara (IKN) baru.

Menurutnya generasi muda harus banyak belajar sejarah dengan mengambil semangat membangunnya. Kota Tenggarong didirikan oleh Sultan yang sedemikian rupa sehingga dipilihlah tempat yang kondusif untuk dijadikan sebagai kota.

Hal senada disampaikan  Wakil Bupati (Wabup) Kukar, Rendi Solihin. Diusianya yang ke 239 dan sudah tidak muda lagi, Kota Tenggarong bisa menjadi tempat yang nyaman dihuni bagi semua orang.

 "Mudah-mudahan Kota Tenggarong bisa berkembang ke depan sesuai dengan visi misi kita bersama masyarakatnya, sejahtera dan bahagia," harapnya.

Setelah melakukan ziarah, rombongan Forkopimda  Kukar langsung menuju Kantor DPRD Kukar untuk melaksanakan sidang paripurna dengan agenda mendengarkan pidato bupati.

Ketua DPRD Kukar, Abdul Rasid memimpin jalannya sidang paripurna berharap Kota Tenggarong terus melestarikan kebudayaan yang ada di Kutai Kartanegara yang sudah menjadi identitas masyarakatnya sejak lama.

Dia juga mengingatkan agar masyarakat Kukar menumbuhkan semangat untuk memajukan Kota Raja sebutan Kota Tenggarong agar menjadi wilayah percontohan bagi  daerah lainnya.

“Tentu sudah menjadi komitmen kita untuk lebih meningkatkan  pembangunan infrastruktur, dan Sumber Daya Manusianya (SDM) Kukar, selamat ulang tahun Tenggarong,” serunya. (ADV/Prokom Kukar).

Pewarta: Rhd

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021