Tanjung Redeb (ANTARA Kaltim) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalimantan Timur, meluncurkan tahap awal Festival Derawan 2013 di Kota Samarinda, Jumat (14/12), untuk mempromosikan pariwisata di kabupaten ini.

Peluncuran dihadiri Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak dan sejumlah pejabat di lingkungan Provinsi Kaltim, sedangkan dari Pemkab Berau hadir Wakil Bupati Ahmad Rifai, Kepala Disbudpar Rohaini dan sejumlah pejabat teknis.

Kepala Disbudpar Berau Rohaini mengungkapkan bahwa peluncuran Festival Derawan merupakan langkah awal dan keseriusan pemerintah daerah untuk mempromosikan wisata laut Derawan.

Beberapa kegiatan akan digelar dalam festival tersebut. Selanjutnya akan diadakan promosi di tingkat nasional. "Dengan launching ini kami harus terus melakukan persiapan dan pemantapan untuk Festival Derawan 2013," kata Rohaini.

Bupati Berau Makmur HAPK menyambut baik Festival Derawan 2013 sebagai pemantapan menuju Sail Derawan.

Ia yakin beberapa kegiatan yang digelar dalam event berkelas internasional tersebut menjadi daya tarik wisatawan yang juga mendongkrak kunjungan wisatawan.

Pemkab Berau, ditegaskan Makmur, terus melakukan pembenahan dan penyempurnaan sejumlah fasilitas penunjang untuk memberikan kenyamanan wisatawan di pulau yang akan wisata bawah laut tersebut.

Beroperasinya terminal baru bandara Kalimarau ditambah fasilitas penunjang di Pulau Derawan yang terus ditingkatkan merupakan bukti keseriusan pemerintah mengembangkan destinasi pariwisata.

"Saya berharap seluruh masyarakat juga mendukung dan memeriahkan Festival Derawan 2013 untuk lebih mempromosikan pariwisata Berau," tandasnya.

Berau direncanakan menjadi tuan rumah Sail Derawan, namun Berau tidak jadi sehingga hadirlah gagasan Menko Kesra Agung Laksono, saat bertandang ke Kabupaten Berau.

Gagasan itupun ditindaklanjuti jajaran Pemerintah Kabupaten Berau didukung Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Berau menyusun serangkaian kegiatan mulai dari kegiatan promosi hingga agenda pelaksanaan festival yang direncanakan bertepatan dengan Hari Jadi ke-59 Kabupaten Berau pada September 2013.       (*)       

Pewarta: Helda Mildiana

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012