Nunukan (ANTARA Kaltim) - Kabupaten Nunukan akan miliki gedung usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Center pada 2013 yang dibangun dengan APBD pemerintah Provinsi Kalimantan Timur.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kabupaten Nunukan, Samuel Parrangan di Nunukan, Senin mengatakan, UMKM Center yang saat ini dimiliki pemerintah Kabupaten Nunukan baru sebatas membantu usaha kecil untuk mempromosikan hasil kerajinannya dengan menggunakan tempat atau gedung yang masih disewa.

Hasil kerajinan yang ada di UMKM Center itu, lanjut dia, berupa kerajinan tangan dan produksi makanan usaha kecil yang terletak di Jalan TVRI Kabupaten Nunukan.

"Produksi makanan dan kerajinan tangan yang ada di UMKM Center sekarang ini, Pemkab Nunukan hanya membantu pengusaha kecil untuk mempromosikan saja," katanya.

Selain itu, UMKM Center juga menjadi ajang pertemuan para pelaku usaha kecil untuk mendiskusikan tentang produksi mereka perihal pengembangan dan pemasarannya, sebut Samuel.

Soal produksi kerajinan yang dipajang di UMKM Center, kata dia, baru sebatas bagi tamu-tamu dari luar Kabupaten Nunukan sebagai ole-ole pada saat kembali ke daerahnya agar tidak lagi mencari produk asal Malaysia.

"Selama ini kan tamu-tamu mencari oleh-oleh asal Malaysia seperti milo. Jadi sekarang Pemkab Nunukan menyiapkan ole-ole berupa kerajinan tangan dan produk makanan buatan masyarakat Kabupaten Nunukan seperti udang ebi, ikan tipis, topi dan lain-lainnya," ujarnya.

Ia yakin setelah adanya gedung permanen yang dimiliki UMKM Center, segala produk makanan dan kerajinan tangan masyarakat Kabupaten Nunukan lebih banyak dan berkembang lagi.

Sebab, Samuel mengatakan, Pemprov Kaltim telah menganggarkan dana pembangunan UMKM Center Kabupaten Nunukan tetapi belum diketahui besaran anggaran yang akan diberikan tersebut.

"Gedung UMKM Center sudah dianggarkan Pemprov Kaltim dan dipastikan akan terbangun pada 2013 nanti," katanya yakin.

Pewarta: Muhammad Rusman

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012