Wakil Ketua Umum Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Bidang Pengembangan Pengusaha Nasional Arsjad Rasjid mengatakan saat ini Negara Indonesia membutuhkan para pejuang ekonomi ditengah kondisi krisis ekonomi yang melanda dunia akibat pandemi COVID-19.

 

Arsjad Rasjid mengajak semua elemen masyarakat, khususnya pengurus Kadin di daerah untuk bersama-sama ikut berperan dalam pemulihan ekonomi di daerah dan juga di nasional.

Rasyid mengatakan kegiatan pemulihan ekonomi bisa dilakukan dengan beragam cara salah satunya dengan memperkuat UMKM sebagai pondasi dasar pemulihan ekonomi.

“Kondisi sekarang ini kita sedang perang yakni pertama perang kesehatan dengan adanya pandemi dan kedua, perang ekonomi, kalau kita tidak bersatu maka bisa hancur negara ini," kata Rasjid saat hadir dalam pelantikan Ketua Kadin Kota Samarinda M Ridwan, di Hotel Mercure Samarinda, Senin.

Dalam kesempatan itu, juga hadir Ketua Umum Kadin Provinsi Kalimantan Timur,  Dayang Donna Faroek.

Rasjid meyakini dengan banyaknya sektor usaha kecil dan menengah yang tumbuh dan berkembang maka imbasnya akan berpengaruh pada perekonomian menjadi lebih kuat.

"Sebagai bukti pada tahun 1998, sewaktu krisis ekonomi terjadi di Indonesia, saat itu banyak pengusaha besar jatuh dan gulung tikar. Kondisinya secara perlahan para pengusaha mikro kecil menengah mulai bangkit dan akhirnya menguat, itulah pondasi yang menguatkan ekonomi pada saat itu dan faktanya terbukti di seluruh dunia,”  kata Rasjid.

Rasjid menambahkan dalam berbagai forum pihaknya sering berbicara perlunya mencetak pengusaha baru, sebab kehadiran pengusaha baru akan membantu pemerintah menciptakan lapangan kerja baru, dan secara otomatis bisa mendongkrak perekonomian.

Ia mengakui saat ini situasi yang dihadapi bangsa ini tidak mudah, karena sektor- sektor perekonomian sudah mulai menurun bahkan ada yang sudah mati suri dan gulung tikar.

"Kita sedang menghadapi norma baru, yang namanya realitas baru. Kita menghadapi dunia baru. Ini semua dunia baru. Makanya saya katakan kita juga harus menciptakan Kadin baru, Kadin kita, Kadin rumah kita bersama,” beber Rasjid.

Rasjid mengatakan Kadin pusat bakal terus bersinergi bersama Kadin di daerah termasuk di Kalimantan Timur, dan Kadin Kota Samarinda, guna mempercepat akselerasi pemulihan ekonomi Indonesia.

Ia mengatakan beragam sektor ekonomi tumbuh positif di Kalimantan Timur seperti pertambangan, perdagangan, jasa dan juga ekspor. 

"Kita bisa melihat sejumlah infrastruktur baru mulai tumbuh di Kaltim, apalagi dengan kondisi sebagai calon ibu kota negara baru tentunya banyak proyek strategis nasional yang akan hadir, dan imbasnya akan memberikan kontribusi positif dalam menggerakkan ekonomi di Kalimantan Timur," kata Arsjad Rasjid.

Pewarta: Arumanto

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021