Wakil Bupati Paser Kaharuddin melepas 60 relawan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan tenaga medis untuk membantu korban bencana banjir di Hulu Sungai Tengah (HST) Kalimantan Selatan (Kalsel) yang berlangsung  di halaman Kantor Bupati setempat, Jumat (22/1). 


“Kami ucapkan terima kasih sekaligus selamat kepada BPBD, IDI dan IAI Kabupaten Paser yang telah menunjukkan kepedulian terhadap saudara-saudara kita yang menjadi korban banjir di Kalimantan Selatan,” ujar Kaharuddin saat melepas rombongan relawan ke Kalsel.

Ia mengatakan banjir yang melanda sejumlah kabupaten di Kalsel telah menggerakkan Kabupaten Paser untuk memberikan bantuan sesuai dengan kemampuan dan keahlian.

“Bencana itu telah memanggil kita untuk memberikan bantuan sesuai dengan kemampuan dan keahlian,” ucap Kaharuddin.

Kepala Pelaksana BPBD Paser Edward Effendi mengatakan ke 60 relawan  tersebut terdiri dari 20 anggota BPBD dan 40 tenaga medis yang tergabung dalam Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan perwakilan Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Paser.

Menurutnya bantuan  untuk korban banjir di Kalsel  tersebut Pemerintah Kabupaten Paser telah mengalokasikan dana sebesar Rp300 Juta.

"Dari  Rp300 juta itu diantaranya sebesar Rp100 juta untuk pembelian sembako dan Rp200 juta  bantuan  berupa uang," katanya.

Lanjut Eward Pemkab Paser telah menurunkan empat kendaraan operasional  yang digunakan untuk membawa relawan dan bantuan sembako ke Kalsel.

Dikemukakannya dalam aksi kemanusiaan itu Pemkab Paser tidak bisa membantu semua daerah terdampak banjir, namun bantuan difokuskan untuk korban bencana di Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

"Tidak semua daerah yang terkena bencana dapat dislurkan,namun kita fokus ke daerah Barabai (Hulu Sungai Tengah)," ujar Edward.

Dia berharap bantuan dapat segera tersalurkan sehingga dapat meringankan beban korban bencana dan tenaga medis dapat membantu mereka yang membutuhkan perawatan.

Sementara pelepasan para relawan oleh Wakil Bupati Paser Kaharuddin  itu disaksikan Kepala Pelaksana BPBD Paser Edward Effendi, Kepala Dinas Kesehatan Amir Faisol, Ketua IDI Cabang Paser dr. Kamal Anshari dan perwakilan IAI Paser.

Pewarta: R. Wartono

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021