Wakil Bupati Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Hamdam menyebutkan tenaga kesehatan yang terlibat dalam penanganan virus corona atau COVID-19 perlu mendapatkan perhatian serius dari pemerintah setempat.

"Mereka garda terdepan dalam menangani mewabahnya virus corona, jadi sudah sepatutnya mendapat perhatian serius pemerintah kabupaten," tegas Hamdam ketika ditemui di Penajam, Jumat.

Para tenaga medis tersebut patut diberikan perlindungan karena terus berjuang siang dan malam melayani pasien terpapar COVID-19.

Sehingga pemerintah kabupaten perlu memberikan perhatian khusus kepada para tenaga kesehatan yang setia melayani pasien virus corona itu.

Para tenaga medis yang bertugas menangani pasien COVID-19 menurut Hamdam, perlu mendapat prioritas dukungan dan kebutuhan suplemen serta obat-obatan.

Tingginya penularan virus corona terhadap tenaga kesehatan beberapa hari terakhir menjadi perhatian khusus Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara.

"Sekitar 31 tenaga medis yang terpapar COVID-19 perlu dapat prioritas dukungan terutama kebutuhan suplemen," ujar Hamdam.

"Diharapkan penularan terhadap tenaga medis dapat lebih ditekan dengan cara pemberian nutrisi dan suplemen sesuai yang dibutuhkan," tambahnya.

Semua tenaga kesehatan yang bertugas di ruang isolasi maupun posko penanganan merupakan garda terdepan penanganan COVID-19.

Pengaturan jam kerja tenaga medis kata Hamdam, juga harus dilakukan secara tepat karena kasus virus corona masih fluktuatif, sehingga tenaga kesehatan punya waktu untuk beristirahat.

Wabup mengimbau kepada seluruh elemen masyarakat agar tetap meningkatkan kewaspadaan karena jumlah infeksi COVID-19 di Kabupaten Penajam Paser Utara masih tergolong tinggi.

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021