Event Organizer (EO) ADW Bersaudara gandeng Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim agar melibatkan desa menampilkan  sejumlah produk unggulannya pada kegiatan Eksplore Borneo  Kaltim (EBK) Kaltim 2021.
 

"Pameran promosi keberhasilan pembangunan dalam rangka Peringatan HUT Pemprov Kaltim ke 64 rencananya akan melibatkan desa-desa  di Kaltim untuk ikut mempromosikan capaian keberhasilan pembangunan dan produk unggulan desa masing-masing," kata Kepala DPMPD Kaltim M Syirajudin didampingi Sekretaris DPMPD Kaltim Surono usai menerima kunjungan EO ADW Bersaudara, di Ruang Kerjanya, Rabu (20/1).

Ia mengatakan DPMPD Kaltim diminta untuk menggerakan desa ikut berpartisipasi menyemarakan EBK. Kegiatan promosi produk unggulan desa tersebut diberi nama Gebyar 1.000 desa. Masing-masing desa dipersilahkan mempromosikan hasil pelaksanaan pembangunan desa yang sudah dilakukan. Termasuk dapat mempromosikan produk unggulan agar dikenal secara luas.

"Kegiatan tersebut positif karena membantu desa menyampaikan hasil pembangunan yang sudah dilakukan," katanya..

Dia berharap kegiatan seperti itu dapat menjadi contoh desa lain di Kaltim dalam memajukan desanya, terutama dalam  hal perencanaan dan penetapan prioritas pembangunan desa bisa tepat sasaran.

Selain itu juga dia berharap promosi produk unggulan desa dapat mendukung peningkatan ekonomi desa. Tentunya visi Berani Untuk Kaltim Berdaulat pada Misi II, yakni Berdaulat Dalam Pemberdayaan Ekonomi Wilayah dan Ekonomi Kerakyatan yang Berkeadilan.

Menurut Syirajudin BUMDes bisa lebih luas mempromosikan produk unggulannya, sehingga meningkatkan pemberdayan ekonomi masyarakat desa. Hal itu juga akan ikut mendokrak Indeks Ketahanan Ekonomi yang menjadi salah satu indeks komposit Indeks Desa Membangun (IDM) desa.

Rencana kegiatan EBK 2021 akan diselenggarakan pada 10-14 Maret di Big Mall Samarinda. Sesuai arahan Gubernur Kaltim Isran Noor sebagai Ketua Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kaltim.  Pelaksanaannya harus memperhatikan protokol kesehatan dan mendapat izin dari Dinas Kesehatan Kota Samarinda, Satgas Penanganan COVID-19 Samarinda, Kepolisian Kota Samarinda, serta pihak-pihak terkait lainnya.

Sementara kunjungan EO ADW Bersaudara  tersebut dipimpin H Rusdiansyah  (Direktur Utama) di dampingi Hamdani serta jajaran ADW  yakni Astri, Deddy, Windi.
 

Pewarta: Arif Maulana

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021