Kalimantan Timur menjadi provinsi pertama yang memberikan pegawai yang bukan aparatur sipil negara (ASN) Jaminan Kecelakaan Kerja di saat menjalankan tugas dinas, sekaligus juga Jaminan Kematian, Jaminan Hari Tua, dan Jaminan Pensiun dari BPJamsostek.


Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor saat menerima Kepala BPJamsostek Cabang Samarinda Cep Nandi Yunandar di kantornya, Selasa (8/12) mengatakan hal tersebut sebagai apresiasi kepada pegawai kita yang bukan ASN.

Yunandar secara simbolis menyerahkan kartu peserta Jaminan Hari Tua dan Jaminan Pensiun BPJamsostek bagi karyawan yang bukan ASN kepada Gubernur. Seluruhnya ada 9.592 kartu yang diserahkan.

"Kita terus berupaya menghargai dan memperhatikan pegawai non ASN. Saya berharap tidak saja provinsi, juga kabupaten dan kota di Kaltim juga memberikan perhatian yang sama kepada pegawainya," kata Gubernur Isran.

Di tempat terpisah Arif Zahari Selaku Deputi Direktur BPJamsostek Wilayah Kalimantan mengapresiasi Pemerintah Propinsi Kalimantan Timur yang telah mengikutkan seluruh pegawai bukan ASN pada di lingkungannya ke dalam program-program BPJamsostek.

“Di mana program Jaminan Hari Tua dan Jaminan Pensiun membantu memastikan kesejahteraan pekerja bukan ASN di Kaltim akan terjamin saat memasuki usia tua dan memasuki usia pensiun,” jelas Arif Zahari. BPJamsostek membantu memberikan kesinambungan penghasilan dan manfaat yg lebih pasti.

Sampai dengan November 2020, BPJamsostek Kalimantan telah melakukan pembayaran Klaim Jaminan Hari Tua (JHT) bagi 161 ribu lebih peserta dengan nilai klaim keseluruhan lebih dari Rp1,7 triliun.

Arif Zahari juga mengingatkan bahwa BPJamsostek menyediakan pelayanan secara digital bagi para anggota untuk memenuhi protokol kesehatan. Layanan digital itu diselenggarakan oleh kantor-kantor cabang.

“Kami mengadakan yang namanya Lapak Asik atau Layanan Tanpa Kontak Fisik yang dapat diakses melalui alamat lapakasik.bpjsketenagakerjaan.go.id,” terang Zahari.

Lapak Asik terdiri dari Lapak Asik Online dan Lapak Asik Onsite. Lapak Asik Online merupakan layanan klaim Jaminan Hari Tua dan dapat diakses dari mana pun sehingga peserta tidak perlu datang ke kantor cabang. Peserta tinggal menunggu proses konfirmasi yang akan dilakukan oleh petugas BPJamsostek.

Lapak Asik Onsite merupakan layanan klaim Jaminan Hari Tua dengan memanfaatkan smartphone atau gadget yang dilakukan oleh peserta secara langsung di kantor cabang layanan.

"Apabila memang terpaksa datang ke kantor cabang, kami akan tetap layani juga dengan baik. Di kantor sudah disediakan fasilitas digital untuk berurusan dengan petugas," kata Arif Zahari. ***

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020