Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Balikpapan, Kalimantan Timur meraih Penghargaan Peringkat Pertama Mitra Bhakti Husada (MBH) untuk kategori instansi dan perkantoran pada Peringatan Hari Kesehatan Nasional 2020.
 

“Ini penghargaan yang diberikan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang bekerja sama dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK)," kata Kepala Dinas Kesehatan Balikpapan dr Andi Sri Juliarty, Selasa.

Diskominfo Balikpapan mendapat penilaian terbaik dalam pemantauan melalui media sosial dan wawancara untuk penerapan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dan komitmen pencegahan penanganan COVID-19.

Untuk kategori jasa boga juga meraih kategori terbaik nasional Katering Banjarsari. Katering yang menyediakan makanan khas Kutai dan Banjar serta memiliki outlet berupa warung dan restoran ini menjalankan dengan ketat protokol kesehatan.

Selain memakai masker, para pelayan juga mengenakan sarung tangan plastik. Konsep warung yang semula prasmanan itu, untuk sementara diubah dengan dilayani oleh pelayan. Di meja panjang tempat makanan juga diberi pembatas plastik mika, sehingga makanan layaknya berada dalam etalase.

“Tidak apa-apa kami repot sedikit, yang penting semua kita terjaga kesehatannya," kata Bambang, pelayan di Banjarasari.

Tak hanya dua penghargaan terbaik, Balikpapan masih menjadi deretan yang terbaik dalam kategori layanan umum bandar udara dan pelabuhan. Bandara Internasional Sepinggan dan Pelabuhan Semayang masuk dalam 10 besar kategori bandara dan pelabuhan sehat untuk penerapan protokol kesehatan pencegah COVID-19.

Dalam kesempatan terpisah, Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi menyatakan rasa bangga atas keberhasilan Diskominfo, Katering Banjarsari, Pelabuhan Semayang dan Bandara Sepinggan menjadi yang terbaik dalam penerapan protokol kesehatan.

“Alhamdulilah Bandara dan Pelabuhan kita masuk 5 besar yang menjalankan protokol kesehatan dengan baik. Diskominfo dan dari jasa boga juara nasional, mengalahkan katering-katering jasa boga se-Indonesia yang hebat-hebat. Mudah-mudahan ini menjadi motivasi bagi jasa boga lainnya untuk menjalankan protokol kesehatan dengan sebaik-baiknya, mengingat kita belum tahu kapan wabah ini berakhir,” kata Wali Kota Rizal.

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020