Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kutai Kartanegara menerapkan "Kukar Pintar" untuk membantu pembelajaran siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) di masa pandemi COVID-19.


Kepala Seksi (Kasi) Kurikulum dan Pengembangan Mutu SMP Disdikbud Kukar, Emy Rosana Saleh menjelaskan bahwa Kukar Pintar merupakan portal pembelajaran yang salah satu fiturnya menyediakan video pembelajaran yang diperuntukkan bagi siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP).

"Saat ini ada sebanyak lima mata pelajaran yang kami garap, seperti bahasa Indonesia dan Inggris, IPA, IPS dan matematika. Setiap mata pelajaran cukup kompleks penjelasannya, dan beberapa diantaranya juga masuk di dalam konten soal-soal pada Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) sebagai pengganti Ujian Nasional (UN),” kata Emy  di Tenggarong,Kutai Kartanegara, Jumat.

Dia menambahkan, dalam pembuatan video pembelajaran pihaknya melibatkan sekitar 50 pengajar di Kukar ditambah tenaga lainnya.

"Karena ada 5 mata pelajaran maka ada 10 pengajar dan 2 koordinator di masing-masing mata pelajaran, "jelasnya.

Menurut Emy saat ini sudah tersedia sebanyak 377 video yang sudah dibuat dan video bisa ditonton di Youtube “Kukar Pintar”.

Emy menambahkan dalam portal “Kukar Pintar” tersebut juga tersedia beberapa fitur seperti Kelas, Gerakan Literasi Sekolah (GLS), Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dan lainnya.

Fitur Kelas akan membantu para guru dalam mengakses perangkat pembelajaran. Dengan menyediakan RPP dan Power Point mulai dari kelas 7, 8, 9 untuk lima mata pelajaran.

"Tersedianya fitur tersebut diharapkan bisa mempermudah para guru-guru sehingga mereka tidak akan repot lagi mempersiapkan materi pembelajaran," imbuhnya.

Selain itu, lanjut Emy juga tersedia beberapa fitur lainnya seperti kumpulan praktik, baik yang dilakukan oleh sekolah, guru dan siswa yang ada di Kukar dan kemudian diunggah di dalam portal Kukar Pintar.

“Kami ingin ada kegiatan praktik dari SMP di Kukar yang terekspos dan kemudian menjadi inspirasi dan contoh bagi sekolah lainnya,” pungkas Emy.

 

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020